Jelang MTQ Tingkat Provinsi, Pencarian Kafilah Jombang Siap Digelar di Tengah Pandemi

Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli saat ditemui di kantornya, Rabu (18/11/2020) (Foto: Anggraini)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021 mendatang di Kabupaten Pamekasan, mulai dipersiapkan Pemkab Jombang dengan mencari kafilah atau perwakilan.

Pencarian kafilah ini, akan dibuka di Pendopo Kabupaten Jombang pada 25 November 2020. Namun, kegiatannya hanya dihelat tidak di satu titik, namun di sepuluh titik di Jombang. Mengingat, pandemi Covid-19 belum dinyatakan selesai.

Baca Juga

“Untuk pembukaannya, pada Rabu 25 November 2020 mendatang di Pendopo. Nanti lomba-lombanya ada di sepuluh tempat, dari tanggal 26 hingga 28 November,” ujar Akhmad Jazuli, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jombang, pada KabarJombang.com, Rabu (18/11/2020).

Akhmad Jazuli merinci, sepuluh tempat tersebut, yakni Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang, Pendopo Kabupaten Jombang, Aula 2 Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Masjid Agung Baitul Mukminin Kabupaten Jombang, Aula Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Masjid Baitur Rohman Kabupaten Jombang, Ruang Soeroadiningrat Kabupaten Jombang, Islamic Center Masjid Agung Jombang, Aula Darul Hikmah Kemenag Jombang, dan Ruang Setjo Adiningrat Pemkab Jombang.

Dikatakannya, hingga saat ini, jumlah peserta yang terverifikasi memenuhi syarat sebanyak 590 orang dari berbagai cabang yang ada. Sementara jumlah peserta yang mendaftar ada sebanyak 740 orang.

Syarat terverifikasinya peserta tersebut, lanjut Sekda, yakni tidak diperkenankan memiliki data ganda, mengikuti cabang lebih dari satu, usia tidak memenuhi syarat, dan tempat tinggal di luar wilayah Jawa Timur.

Dari berbagai cabang tersebut meliputi tartil dan tilawah anak, tilawah remaja, dewasa, qiroat mujawwad, murattal, MHQ 1 dan 5 juz tilawah, MHQ 10 dan 20 juz, MHQ 30 dan tafsir (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab), MFQ, MSQ, MKQ, M2IQ.

“Penentuan pemenang nantinya diambil peserta terbaik dan sepenuhnya merupakan kewenangan dewan hakim, dan hanya diambil juara 1 sampai 3 terbaik,” katanya.

INSTAGRAM

Berita Terkait