Inilah Wisata Religi Terpopuler di Kabupaten Jombang 

Peringati HUT TNI ke 75, Pangarmada II saat berziarah di Makam Gus Dur (Foto: Dokumen KabarJombang.com)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Kabupaten Jombang merupakan daerah yang beraneka ragam akan agama dan budaya. Jombang terkenal predikat Kota Santri, pasalnya banyak pondok pesantren di Kabupaten Jombang.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Jombang, anda akan disuguhkan wisata religi yang beragam. Berikut ini tempat wisata religi terpopuler di Kota Santri Jombang.

Baca Juga

  1. Kompleks Makam K.H Hasyim Asy’ari, K.H Wachid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid

Kompleks makam tiga ulama besar yang dikenal masyarakat seantero Nusantara ini berada di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Dalam kawasan ini terdapat makam tokoh agama pendiri organisasi Islam Nadhatul Ulama (NU). Yakni K.H. Hasyim Asy’ari. Terdapat juga makam putranya yakni K.H Wachid Hasyim yang merupakan Menteri Agama pertama Republik Indonesia.

Kemudian terdapat juga makam K.H Abdurrahman Wahid atau sering disebut Gus Dur sebagai Presiden ke empat Indonesia.

Kompleks ini dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah tak hanya Jawa Timur saja, melainkan dari beberapa Provinsi di Indonesia. Di tempat ini, pengunjung melakukan ziarah dan doa. Untuk kemari tidak dikenakan biaya sedikit pun bagi pengunjung.

  1. Gereja Kristen Jawi Wetan

Di Kabupaten Jombang wisata religi Gereja juga banyak, yang bisa dijadikan sebagai referensi kunjungan liburan anda.

Salah satunya adalah Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di Mojowarno, Kabupaten Jombang. Gereja ini didirikan pada tahun 1881 sehingga menjadi gereja Kristen tertua di Indonesia.

Gereja Kristen Jawi Wetan di Kabupaten Jombang cukup banyak dan mengalami perkembangan. Namun GKJW Mojowarno ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri.

Gereja ini memeiliki peranan penting dalam penyebaran agama Kristen Protestan pada zaman pemerintahan kolonial Belanda.

Untuk menuju ke kawasan ini, sayangnya tidak buka secara umum, hanya saja dibuka ketika adanya kegiatan ibadah. Selain mengingat sisi sejarah, kawasan ini juga memiliki bangunan yang estetik.

  1. Klenteng Hong San Kiong

Klenteng Hong San Kiong berada di Desa Gudo, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Klenteng tua yang diperkirakan sudah ada sebelum pemerintahan kolonial Belanda ini berdiri sejak abad ke 17, serta kelenteng tertua di Jombang.

Keunikan yang terdapat di Klenteng Hong San Kiong ini adalah akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa. Klenteng ini terbuka untuk umum, bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

Selain itu juga terdapat perlengkapan wayang potehi yang sewaktu waktu melakukan pertunjukan. Wayang ini merupakan kesenian khas akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa.

  1. Makam Mbah Sayyid Sulaiman

Mbah Sayyid Sulaiman merupakan salah satu penyebar agama Islam di Kabupaten Jombang pada masa Majapahit. Area makam ini berada di Desa Betek, Kecamatan Mojoagung. Setiap malam Jumat Legi, area makam ini selalu ramai orang ziarah dan mengaji.

Perjuangan Mbah Sayyid Sulaiman dalam menyebarkan agama Islam di kawasan timur pulau Jawa ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya Sayyid Sulaiman  berjasa dengan mendirikan Pesantren Sidogiri yang merupakan salah satu Pesantren tertua di Jawa Timur.

Makam ini sering dikunjungi para peziarah berasal dari berbagai daerah.

Nah itulah deretan wisata religi terpopuler di Kabupaten Jombang yang patut anda kunjungi. Selamat berkunjung.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait