Inilah Wisata Air Terjun Terpopuler dan Eksotis di Jombang

Keindahan Air Terjun Tretes, Wonosalam. (Foto : Daniel).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Keindahan alam di wilayah Kabupaten Jombang sungguh menawan. Tak kalah jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Air terjun misalnya, Jombang memiliki wisata alam air terjun yang cukup banyak dan populer.

Wisata air terjun banyak diminati wisatawan, karena untuk melepas penat dengan menyejukkan badan sambil bermain air.  Berikut wisata air terjun terpopuler dan tereksotis di Kabupaten Jombang.

Baca Juga

  1. Air Terjun Tretes

Air terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Jombang, maupun Jawa Timur, dengan ketinggian 158 meter. Sensasi yang bisa kita dapatkan di air terjun ini yakni derasnya runtuhan air yang jernih dari ketinggian.

Selain itu jika anda datang di air terju Tretes, anda bisa menikmati hijaunya pepohonan dan asrinya pemandangan alam. Anda juga bisa bermain air di sekitaran air terjun sambil berswafoto. Jangan heran apabila di air tejun ini anda merasakan dingin. Demikian ini karena akibat hembusan angin bercampur air dari air terjun.

Wisata air terjun Tretes berada di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Dengan tarif biaya masuk sebesar Rp 10 ribu.

  1. Air Terjun Grenjeng

Tak hanya di Wonosalam rupanya di Kecamatan Bareng tepatnya di Desa Jenisgelaran, terdapat air terjun yang banyak digemari wisatawan, air terjun Grenjeng namanya.

Air terjun Grenjeng memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, tempatnya masih alami dan asri. Air terjun ini memiliki aliran yang unik dan sedemikian rupa. Pasalnya memiliki bentuk bertingkat.

Selain menikmati aliran air terjun, anda juga bisa berswafoto untuk konten sosial media yang anda miliki. Menuju ke lokasi ini anda tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

  1. Air Terjun Sanggar

Tidak banyak yang mengetahui tentang adanya air terjun Sanggar ini, pasalnya tempatnya yang masih perawan dan asri. Air terjun sanggar berada di wilayah Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Untuk ke tempat ini diperlukan perjalanan menyusuri hutan, karena tempatnya yang tersembunyi. Tak heran jika di tempat ini udaranya sangat sejuk dan dingin.

Selain bisa berendam, dan bermain air, jangan lupa untuk mengabadikan foto kece anda. Dengan datang kemari anda bisa menyegarkan pikiran anda akibat kesibukan sehari hari.

  1. Air Terjun Selolapis

Air terjun selolapis berlokasi di Dusun Mendiro, Desa Pangklungan, Kecamatan Wonosalam. Berada di lereng bukit seloringgit, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Selo merupakan arti kata dari batu sedang lapis artinya ber lapis-lapis.

Karena letaknya yang berada di lereng bukit, maka anda memerlukan perjalanan yang cukup ekstra untuk menuju ke air terjun ini. Dari lelahnya perjalanan anda akan dibayar indahnya pemandangan air terjun Selo lapis.

Airnya yang cukup dingin ditambah pemandangan hijau menambah kesan tersendiri untuk datang kemari. Untuk ke wisata ini anda ditarif sebesar Rp 5 ribu.

  1. Air Terjun Sekar Pundak Sari

Masih di Wonosalam, keindahan alamnya memang sungguh megah dan tak kalah dengan daerah Batu atau Malang. Explore segala segi keindahan di Wonosalam dibilang tak ada habisnya. Kali ini adalah Air terjun Sekar Pundak Sari.

Air terjun ini terletak di Dusun Wonokerso, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam. Dimulai dari berjalan kaki kurang lebih 800 meter dari lokasi parkir, baru anda dipertemukan air terjun ini.

Debit air terjun ini cukuplah deras, apalagi jika musim hujan anda harus berhati-hati. Letak air terjun memang berada di tengah hutan. Namun suasana alami dan sejuk akan anda nikmati di tempat itu.

Dengan nama “Sekar” konon katanya berarti bunga yang harum. Jangan lupa setiap perjalanan wisata siapkan fisik yang kuat serta jangan lupa persiapan yang baik.

Nah, itulah deretan wisata air terjun yang Jombang punya. Sudah siapkah anda untuk mengeksplore wisata alam Kabupaten Jombang. Buruan atur waktu mu.

 

 

 

 

INSTAGRAM

[iscwp-slider username="kabarjombangdotcom" dots="false" limit="5" popup="true" popup_gallery="false" show_likes_count="false" instagram_link_text="Ikuti Instagram"]

Berita Terkait