Haul Keenam Gus Dur, Banser Siapkan Seribu Personil Gabungan

Zulfikar D Ikhwanto, Ketua GP Ansor Jombang. (FOTO: IST)
  • Whatsapp

JOMBANG, (kabarjombang.com) – Ribuan Banser (Barisan Ansor Serbaguna) siap mengamankan peringatan Haul Keenam KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur di Pondok Pesantren (ponpes) Tebuireng Jombang. Hal ini dikatakan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Cabang Jombang Zulfikar D Ikhwanto, Sabtu (26/12/2015).

“Dari hasil rapat koordinasi di Kodim 0814 Jombang, sekitar 200 Banser yang kami siapkan. Namun, tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah, karena berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sukarelawan pengamanan dari Banser turut berdatangan baik dalam kota maupun luar kota, sehingga jumlahnya sulit diprediksi, bisa sampai mencapai 1000,” ujarnya.

Baca Juga

Jumlah relawan Banser tersebut, menurut Zulfikar, berasal dari Kabupaten Jombang sendiri dan Kabupaten tetangga, yakni dari Lamongan, Kediri, Kota Batu, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Nganjuk, Madiun, Bojonegoro, termasuk Sidoarjo.

Dia menjelaskan, tugas pengamanan Banser sendiri termasuk dalam ring dua yakni berada di Kawasan Ponpes Tebuireng Jombang. “Untuk Banser kita siapkan di Ring 2, sebagian kita siapkan pengawalan para Kyai ke lokasi peringayan Haul. Dan hari ini mulai jam 7 pagi kita plot 10 sampai 30 personil untuk sterilisasi di depan Ponpes Tebuireng,” paparnya.

Peringatan Haul Keenam Gus Dur, yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla. Selain itu, rencananya sejumlah tokoh nasional dan pejabat penting juga akan hadir. Diantaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Pengasuh PP Al Anwar, KH Maimun Zubair (Mbah Maimoen) dan beberapa Kyai lainnya. (ari)

INSTAGRAM

Berita Terkait