Harga Bawang Melonjak di Pasar Legi Jombang

Nurul di lapaknya di Pasar Citra Niaga Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Harga Bawang di Pasar Citra Niaga atau Pasar Legi Jombang mengalami kenaikan signifikan dalam dua pekan terakhir. Harga standar Rp 20 ribu per kilogram, merangkak naik menjadi Rp. 65 ribu per kilogram.

“Masuk bulan Februari ini harga cenderung naik. Bawang putih, bawang merah, naik semua,” ucap Nurul Hidayah, salah satu pedagang di Pasar Legi, pada KabarJombang.com, Senin (17/2/2020).

Baca Juga

Untuk bawang, harganya naik signifikan. Harga biasanya per kilogram Rp. 20 ribu, saat ini bisa naik mencapai Rp. 65 ribu. “Naiknya perlahan, dari Rp 20 ribu ke sekitar Rp 45 ribu terus ke kisaran Rp 60 ribu,” terang Nurul.

Sementara komoditas sayur-sayuran, belakangan juga naik. “Sayur juga naik tapi tidak terlalu mahal, seperti kol, tomat, wortel yang awalnya perkilo bisa Rp 5 ribu ini naik jadi Rp 8 ribu. Terus kentang dari Rp 11 ribu jadi Rp 12 ribu,” Nurul mengatakan.

Sedangkan, untuk cabai, dalam sepekan ini tren harganya di pasaran cenderung. “Harga cabai sempat Rp 70 ribu per kilogram. Minggu lalu turun harganya jadi Rp 60 ribu,” jelasnya.

Nurul menjelaskan, untuk cabai kriting harganya saat ini per kilogramnya mencapai Rp 60 ribu dari Rp 65 ribu. “Kalau cabe merahnya turun juga, dari Rp 70 ribu menjadi Rp 65 ribu,” kata dia.

Kenaikan harga bahan pokok berakibat turunnya daya beli masyarakat. Lukman Hakim, pria yang setiap hari pagi belanja ke pasar untuk keperluan di rumah ini menyebut dirinya harus mengurangi jumlah belanjaannya.

“Mau tidak mau yah mengurangi, karena harga naik semua, yang awalnya beli satu kilo jadi bisa dikurangi setengah kilo atau seperempat kilo,” ungkapnya

Lanjut, ia pun menambahkan, harga bahan pokok meningkat mungkin disebabkan cuaca yang masih belum stabil sehingga menyebabkan stok persediaan barang berkurang bagi pedagang.

“Mungkin cuaca buruk sehingga pasokan dari petani juga berkurang,” pungkasnya.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait