Gandeng Lembaga Pendidikan, Puskesmas Pulorejo Gelar Skrening Anak Usia Sekolah

Salah satu narasumber saat memaparkan materi di hadapan puluhan guru UKS tingkat SMP dan SMA sederajat di Puskesmas Pulorejo, Ngoro, Jombang.
  • Whatsapp

NGORO, KabarJombang.com – Guna memantau kesehatan siswa/siswi di sekolah, UPTD Puskesmas Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Jombang, menggelar penjaringan kesehatan anak usia sekolah (AUS).

Kegiatan yang digelar di salah satu ruang pertemuan Puskesmas Pulorejo ini, dihadiri puluhan guru Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat SMP dan SMA sederajat di wilayah kerjanya, Sabtu (14/9/2019).

Baca Juga

Dipandu oleh Siti Aminah, puluhan guru UKS yang hadir, mendapat materi tentang UKS, Kesorga (kesehatan jasmani dan olahraga), serta PTM (Penyakit Tidak Menular) dengan narasumber programer tiap bidang.

Di sana, peserta juga diajak mempraktikkan olah peregangan tubuh. Hal ini berguna agar terhindar dari sakit dan stres saat dihadapi tugas yang menumpuk.

“Selanjutnya, olah peregangan tubuh itu, bisa diterapkan di masing-masing sekolah, saat kegiatan belajar mengajar. Minimal dua jam sekali,” ungkap pemateri Kesorga.

Sementara pemateri tentang UKS meminta, agar para guru UKS tetap memantau kesehatan setiap siswa. Bisa melalui lembar kuesioner, seperti dicontohkan tim Puskesmas. Tak lupa, agar membentuk kader UKS minimal 10 persen dari jumlah siswa.

“Serta menyediakan Outlet TTD (Tablet Tambah Darah) di setiap sekolah,” paparya

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pulorejo, dr Rita Andayani menuturkan, kegiatan ini digelar, bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan programer sekolah, agar kesehatan para pelajar bisa terpantau secara lebih saat di sekolah.

“Kita berharap, pihak sekolah bisa menangani lebih dini terkait kesehatan siswa siswinya saat berada di sekolah. Kerjasama antara Puskesmas dengan guru UKS ini memang sudah menjadi bidikan program kami,” pungkas dr Rita. (marlita/mg)

INSTAGRAM

Berita Terkait