Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Kondisi pandemi Covid-19 mempunyai imbas terhadap keuangan yang banyak dirasakan siapapun termasuk pelaku bisnis. Terlebih lagi bagi karyawan ter- PHK yang hingga saat ini harus tetap bertahan hidup meski pandemi belum berakhir.

Sejumlah kebijakan diterapkan guna mencegah virus Covid-19 menyebar. Namun sendi-sendi ekonomi meski kecil atau besar mendapatkan dampaknya. Sehingga cerdas dalam mengatur keuangan guna tetap bertahan di masa pandemi ini sangat dibutuhkan.

Baca Juga

Perlunya mengatur keuangan bauk individu maupun berumah tangga menjadi hal penting di tengah situasi ekonomi yang terkendali guna pemenuhan kebutuhan saat ini hingga jangka panjang. Berikut ini simak tips mengatur keuangan di saat pandemi Covid-19.

  1. Tetapkan Tujuan yang Dapat Dicapai

Sebelum memulai pengelolaan uang, sebaiknya anda menetapkan tujuan konkret dan dapat dicapai sehingga anda memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini berguna untuk menumbuhkan motivasi dan kepercayaan diri anda, sehingga anda dapat menaklukkan tujuan ini di masa depan.

  1. Catat Transaksi Keuangan

Agar dapat mengatur keuangan, anda sebaiknya mencatat semua transaksi keuangan yang anda lakukan. Saat ini, banyak orang melakukan transaksi secara online atau tanpa uang tunai saat ini, waspadalah terhadap biaya yang anda keluarkan untuk mengisi ulang dompet elektronik dan belanja online anda.

Anda mungkin tidak langsung berbelanja dalam jumlah yang besar. Namun, terkadang anda berbelanja cukup sering, sehingga dapat menjadi pengeluaran yang cukup besar. Jika anda bingung untuk mencatatnya, saat ini banyak aplikasi yang bisa membantu anda untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran.

Kenapa anda perlu mengetahui transaksi keuangan?

Anda perlu mengetahui perilaku anda terhadap uang.Anda  akan sulit untuk memperbaiki atau meningkatkan sesuatu jika anda tidak mengetahui dimana letak kesalahannya.

  1. Lakukan Peninjauan Kembali

Setelah mencatat semua transaksi keuangan, sebaiknya anda meninjau kembali dan tentukan mana aktivitas keuangan yang penting dan mana yang merupakan pemborosan. Jika sudah mengetahui mana yang merupakan pemborosan, hindari pengeluaran tersebut di kemudian hari.

  1. Tetapkan Anggaran

Buatlah anggaran pengeluaran untuk semua biaya yang akan anda keluarkan. Anggaran ini termasuk biaya untuk belanja bulanan, listrik, pulsa, internet, dan kebutuhan lain yang anda perlukan. Usahakan untuk tidak melakukan pengeluaran di luar anggaran yang sudah anda tentukan. Hindari melakukan pengeluaran besar yang tidak diperlukan.

  1. Makan di Rumah

Cara lain yang dapat dicoba untuk menghemat pengeluaran adalah dengan mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk membeli makanan dan minuman di luar setiap harinya. Jika memungkinkan, anda bisa mencoba untuk memasak makanan untuk diri anda sendiri. Kebanyakan orang memiliki pengeluaran yang besar setiap harinya oleh karena digunakan untuk pergi makan.

Jadi, untuk mencoba membatasi pengeluaran setiap harinya, cobalah untuk memasak makanan di rumah. Pengeluaran belanja anda mungkin akan meningkat. Namun secara keseluruhan makan dengan memasak dan makan di rumah dapat menghemat pengeluaran anda.

  1. Jangan Tergiur Diskon Belanja Online

Sejak pandemi, banyak orang beralih untuk melakukan transaksi atau belanja secara online. Saat ini, banyak sekali program diskon belanja online yang ditawarkan. Anda harus cermat dan dapat mengendalikan diri agar tidak membeli barang yang bukan kebutuhan utama.

  1. Lakukan Pekerjaan Sampingan

Memulai bisnis sampingan adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Jika anda suka memasak, anda dapat menjual masakan anda. Jika anda suka membuat kerajinan tangan, anda dapat menjualnya.

Pilihan yang lainnya mungkin anda dapat menawarkan layanan freelance, seperti menulis, mengedit, konsultasi, desain grafis, dan lain-lain. Banyak hal yang dapat anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan.

Jika anda mengalami PHK, jangan berkecil hati. Tetapkan target pengaturan keuangan anda sendiri. Anda tidak sedang berlomba dengan siapapun. Jadi, jangan terpengaruh dengan perkataan orang lain yang dapat membuat anda semakin terpuruk. Carilah peluang dan jangan menyerah.

 

 

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait