TikTok Shop Kembali Dibuka, Pedagang Online di Jombang Kembali Sumringah

Foto: Hasan Abdullah pebisnis muda asal Jombang yang sukses memanfaatkan digital marketing
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Baru-baru ini kita dikejutkan dengan kabar dibukanya kembali salah satu marketplace yang merajai pasar Indonesia bernama TikTok Shop. Setalah pemerintah sempat menutup dengan alasan untuk melindungi UMKM, kini per tanggal (11/12/2023) kemarin sudah mulai dibuka kembali.

Kabar baik tersebut disambut gembira oleh Hasan Abdullah selaku pebisnis online yang sukses berbisnis di usia muda. Saat diwawancarai oleh wartawan kabar jombang, Rabu (13/122023) malam, ia mengaku sangat terbantu dengan dibukanya kembali aplikasi jualan online tersebut.

Baca Juga

“Tiktok shop dibuka kembali sangat berpengaruh bagi UMKM terutama yang bergerak di dunia online. Tidak perlu modal besar untuk bisa mengembangkan usaha,” ungkap pebisnis asal kecamatan Tembelang, Jombang tersebut.

Ia menjelaskan dengan bisnis online tanpa harus sewa tempat cukup dikerjakan dari rumah saja. Selain itu bisa juga buat sampingan bagi karyawan swasta dengan hasil yang lumayan apabila dikerjakan dengan serius.

“Pemasaran digital dengan memanfaatkan algoritma suatu platform toko online sangat efektif dan tertarget ke pelanggan. Strategi tersebut juga bisa menarik perhatian pelanggan,” ucap pria usia 22 tahun tersebut.

“Memang sudah saatnya, dunia online tidak bisa dihindari, harus terbiasa dan dipaksa. Kalau hal itu dilakukan secara konsisten insyaallah akan membuahkan hasil,” lanjutnya.

Hasan menjelaskan, awal mula ia merintis usahanya pada saat masih di bangku SMK. kemudian ia mencoba untuk mempromosikan secara online dan meledak ketika terjadinya wabah covid-19. Pada saat itu semua orang terbiasa beraktifitas di dalam rumah, termasuk melakukan transaksi jual beli dilakukan tanpa harus keluar rumah.

Dalam situasi tersebut ia mengambil peluang dengan berpromosi secara online. Tidak hanya itu, semua produk yang dimilikinya dimasukkan ke dalam marketplace seperti shopee dan tiktok shop.

“Setelah kejadian itu tak disangka produk-produk saya laku keras sampai kebanjiran order. Ganti-ganti gudang telah saya lakukan karena tidak muat untuk menampung serta memproses orderan yang sangat deras mengalir,” jelas pemuda pemilik CV Indo Hemat Perkasa tersebut.

Ia mengaku orderan tertinggi terjadi pada saat tanggal-tanggal cantik, seperti 12.12 kemarin. Karena pada tanggal tersebut banyak promo gratis ongkir dan diskon gila-gilaan yang diberikan oleh marketplace.

“Tapi yang namanya usaha pasti banyak rintanganya, tidak selalu berjalan mulus. Alhamdulillah semua saya hadapi dengan optimis dan kerja keras. Dan sekarang alhamdulilah ada 20 orang yang membersamai saya dalam menjalankan bisnis online ini,” pungkasnya. (Kevin Nizar)

 

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait