Perdana, Kopi Excelsa Wonosalam Jombang Ekspor ke Malaysia

Teks foto : Endrias Bambang saat melakukan sambutan pada acara Ekspor perdana kopi Excelsa Wonosalam ke Malaysia, Selasa (10/5/2022)./Ema/
  • Whatsapp

WONOSALAM, KabarJombang.com – Kopi excelsa Wonosalam, Jombang kini telah menembus pasar internasional. Kapi excelsa Wonosalam saat ini sudah diekspor ke Malaysia sebanyak 12 ton.

Ekspor kopi Excelsa Wonosalam Jombang ini merupakan perdana dan dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansa.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Ketua asosiasi kopi wonosalam Endrias Bambang mengatakan, Wonosalam adalah salah satu penghasil kopi excelsa terbesar di Indonesia yang pernah melalui berbagai cerita.

“Dulu di masa lalu nilai harga jual kopi sangat rendah jadi kita sebagai petani berfikir bagaiamana caranya agar kopi memiliki harga jual yang tinggi, akhirnya kita mencoba mencontoh dan membuat produk kopi yang akhirnya mendapat respon yang positif,” ujarnya, Selasa (10/5/2022).

Lanjut Endrias, pada tahun 2018 dirinya bersama para anggotanya berinisiatif untuk mendirikan sebuah asosiasi kopi yang bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas produk kopi excelsa wonosalam.

“Setelah itu kita berinisiatif untuk membuat suatu wadah agar kita bisa di kenal di luar, akhirnya kita resmi di tahun 2018 untuk membentuk asosiasi kopi wonosalam,” jelasnya.

Sementara, anggota asosiasi kopi Wonosalam Jombang terdiri dari kelompok tani dan juga sebagian kelompok pemuda kreatif.

“Yang mana anggotanya terdiri dari kelompok tani, kelompok pemuda kreatif, produsen kopi, teman-teman pekerja dan juga penggiat kopi,” imbuhnya.

Yohanes, yang mewakili anggota asosiasi kopi excelsa Wonosalam mengatakan, berawal dari kelompok pemuda yang berkumpul di tempat ngaji dan rata-rata mereka masih berada di bangku SMK.

Kemudian mereka diajak bersama untuk mengembangkan produk kopi Excelsa Wonosalam yang mana tujuannya untuk memperluas luas produk Kopi Excelsa Wonosalam lebih dikenal dunia.

“Sebenarnya kami ini adalah sekelompok pemuda yang ngaji bareng, kemudian diajak untuk membuat suatu produk kopi Wonosalam untuk lebih dikenal tak hanya indonesia, melainkan di seluruh dunia dengan cita rasa yang bagus,” jelasnya.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait