Panen Raya Padi, Harga Beras di Pasar Tradisional Jombang Turun 

Penjual beras di Pasar Pon Jombang. (KabarJombang.com/Daniel Eko).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Panen raya padi di wilayah Kabupaten Jombang pada pertengahan Maret hingga memasuki bulan April berdampak. Betapa tidak, harga beras di sejumlah pasar tradisional Jombang, menurun.

Penurunan harga beras mencapai Rp 500 pada jenis beras IR dan Serang. Harga beras Serang semula Rp 9.500 menjadi Rp 9.000, sedangkan IR awalnya 9.000 turun menjadi Rp 8.500 per kilogram.

Baca Juga

“Panen raya di Jombang memang berdampak, ada penurunan harga sedikit pada beberapa jenis beras. Namun untuk jenis Bramo harganya tetap Rp 11 ribu,” kata Karman penjual sembako di Pasar Pon Jombang.

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Dikatakannya ditingkat agen harga beras juga mengalami penurunan harga, mulai dari Rp 500. Sehingga berpengaruh pada harga jual di tingkat pasaran di Kabupaten Jombang.

Sementara menurut Amir, penurunan harga beras sering  terjadi ketika ada panen raya dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan.

“Penurunan harga sedikit demi sedikit terlihat sejak pertengahan Maret, biasanya berlangsung tidak lama, apalagi ini mau ramadan bisanya bahan pokok naik,” jelasnya.

Dikatakan, minat pembeli beras pada saat ini lebih sedikit dibandingkan biasanya.  Karena banyaknya petani yang panen.

“Otomatis pembelinya turun, orang yang memiliki sawah ketika panen kan tidak membeli beras juga,” tandasnya.

 

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait