Naik Turun Harga Sayur dan Sembako di Pasar Tradisional Jombang

Penjual kebutuhan pokok di pasar pon Jombang. KabarJombang.com/Daniel Eko/
Penjual kebutuhan pokok di pasar pon Jombang. KabarJombang.com/Daniel Eko/
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Cuaca yang tidak menentu membuat sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Namun, ada beberapa yang justru turun.

Pantauan di pasar Pon Jombang, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. Diantaranya, cabai rawit dari sebelumnya Rp 38 ribu menjadi Rp 44 ribu per kilogram.

Baca Juga

Sedangkan cabai merah sebelumnya Rp 18 ribu jadi Rp 20 ribu per kilogramnya.

“Mungkin disebabkan karena cuaca itu, sehingga harga sayuran naik seperti tomat menjadi Rp 8 ribu dari sebelumnya Rp 6 ribu per kilogram. Kemudian sawi hijau per ikat jadi Rp 2 ribu, sebelumnya masih seribu,” ungkap pedangan di pasar pon, Khurotul Aini, Rabu (23/6/2021).

Sementara, sayuran sawi putih juga mengalami kenaikan Rp 6 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 4 ribu. Sedangkan untuk komiditi sayuran lainnya seperti wortel dan timun masih tergolong stabil.

“Kalau untuk komoditi bawang merah atau pun ini naik turun, kondisi saat ini turun. Bawang putih Rp 22 ribu dari kemarin 24 ribu. Bawang merah Rp 25 rinu kemarin Rp 28 ribu,” tambahnya.

Untuk kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga, diantaranya telur di pasaran Rp 22 ribu per kilogram, turun sekitar Rp 2 ribu dari sebelumnya. Sedangkan untuk harga beras masih dalam kondisi stabil.

“Kalau minyak ini turun sedikit. Biasanya Rp 29. 500 jadi Rp 12 ribu per kemasan 2 liter,” ungkapnya.

Pantuan dalam laman siskaperbapo harga daging ayam saat ini mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging sapi stabil seharga Rp 100 ribu per kilogram.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait