Kerajinan Mainan Edukatif di Jombang Ketiban Rezeki saat Pandemi Covid-19

Kerajinan mainan edukatif di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. KabarJombang.com/M Faiz H/
Kerajinan mainan edukatif di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. KabarJombang.com/M Faiz H/
  • Whatsapp

MEGALUH, KabarJombang.com – Industri kerajinan mainan edukatif berbahan kayu yang ada di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, tidak merasakan imbas dari pandemi covid-19.

Justru pandemi corona ini membawa berkah tersendiri, pesanan mainan edukatif berbahan kayu mengalami peningkatan.

Baca Juga

“Alhamdulillah, meskipun menjalankan usaha di masa pandemi ini bagi kami tidak berdampak. Karena masa kaya gini, banyak orang-orang yang memesankan permainan anaknya dari kayu. Ya agar cukup main di rumah, tidak main di luar rumah,” kata pemilik usaha mainan edukatif, Andika kepada KabarJombang.com, Rabu (14/7/2021).

Usaha kerajinan mainan edukatif berbahan kayu yang digelutinya mulai tahun 2015 lalu tersebut, menurutnya ketiban untung di tengah pandemi. Bagaimana tidak beberapa sektor UMKM gulung tikar terkena imbas corona, usahanya malah banyak menerima banyaknya pesanan. Mulai pemesanan dari wilayah Jawa timur, hingga meluas ke mancanegara.

“Pemesanan Alhamdulillah tambah meluas, seperti kalau di daerah Jawa, hingga luarnya seperti Jakarta. Bahkan meluas ke luar negeri, seperti Hongkong, Taiwan. Seperti kursi ini pemesanan dari Jepang,” tuturnya sembari menunjukkan kerajinan kursinya.

Omset tiap bulannya, dirinya mengaku bisa sekitar Rp 10 juta hingga mencapai Rp 20 juta.

“Meskipun lancar di masa pandemi, saya tetap berdoa semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Ya agar kehidupan atau ekonomi masyarakat lainnya bisa kembali normal seperti biasanya,” tandas Andika.

Pria berusia 32 tahun ini memulai usahanya dengan belajar secara otodidak. Seperti dari mencoba-coba, hingga mengikuti beberapa pelatihan. Sehingga, setelah dikatakan bisa, dirinya mulai berani membuka usaha sendiri.

“Waktu itu ya niat aja ingin menjadi pengusaha, tapi juga ikut bekerja gitu. Perlahan membeli peralatannya, setelah itu menawarkan hasil karya ke beberapa warga setempat dan memaksimalkan adanya sosial media,” ungkap Andika.

Secara tidak langsung, usahanya meluas dikenal menarik dan unik oleh masyarakat luas. Dari situ membuat dirinya kewalahan untuk membuat kerajinan dari banyaknya pesanan, sehingga dibentuklah karyawan.

Adapun produk dalam kerajinannya, terdapat bermacam jenis kerajinan. Seperti dari alat permainan, perabotan rumah tangga, kebutuhan sekolah, taman, serta lainnya yang berbahan kayu.

“Yang membuat beda ya dari ukiran dan bentuk-bentuknya saja. Dan disini memang kwalitas bahannya memang menjanjikan, yang terpenting disini itu mengerajini semua produk yang berbahan kayu. Seperti mulai dari permainan hingga kebutuhan rumah dan lain sebagainya,” kata dia memungkasi.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait