Jelang Idul Adha, Harga Komoditi Bumbu Dapur di Pasar Tradisional Jombang Melambung

Bumbu dapur yang dijual di Pasar Peterongan Jombang. (Anggit).
  • Whatsapp

JOMBANG, Kabarjombang.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2023. Harga komoditi bumbu dapur di pasar tradisional Jombang melambung.

Seperti biasa yang terjadi setiap tahun, menjelang perayaan hari besar, tak terkecuali Idul Adha, harga komoditi bumbu dapur pasti melambung.

Baca Juga

Harga beberapa komoditi bumbu dapur yang naik di antaranya cabai, bawang merah dan bawang putih.

Seperti kata Jaidi, pedagang bumbu dapur di pasar Diwek, Cukir, Jombang, menyebutkan harga komoditi bumbu dapur ada yang naik ada juga yang masih stabil.

Untuk harga cabai, ia menuturkan ada kenaikan. Sebelumnya, per kilogram cabai harganya Rp 20.000, kini memasuki Idul Adha, per kilogramnya naik Rp 10.000, menjadi Rp 30.000 per kilogramnya.

“Per kilogramnya naik,” ucapnya, Rabu (21/6/2023).

Hal itu juga tampak berlaku untuk bawang putih. Dimana harga per kilogramnya juga melambung.

“Kalau bawang putih, sama juga, ada kenaikan. Sebelumnya per kilogramnya Rp 20.000, sekarang naik Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per kilogramnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Mukhlis,  pedagang bawang merah di pasar Peterongan, Jombang, juga mengatakan hal senada. Dimana, harga bawang merah merangkak naik.

“Sekarang harganya per kilogram sekarang Rp 30.000 ribu. Sebelumnya itu cuma Rp 20.000 ribu,” jelasnya.

Begitupun dengan bawang putih, juga ada kenaikan harga per kilogramnya. Yang mulanya per kilogram Rp 20.000, juga naik menjadi Rp 30.000 per kilogramnya.

“Sama naik juga. Naiknya ini sudah selama tiga minggu terakhir ini. Pembeli juga mengurangi daya belinya, jadi mau tidak mau stok juga harus saya kurangi, biar tidak merugi,” pungkasnya.

 

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait