Jelang Idul Adha, Harga Bawang Merah di Pasar Tradisional Jombang Tembus 50 Ribu

Teks foto : Alif, pedagang pasar saat melayani pembeli bawang merah. Selasa (21/6/2022)./Karimatul Maslahah/
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Jombang mengalami kenaikkan menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Berdasarkan Informasi dari para pedagang pasar tradisional di Jombang, harga rata-rata bawang merah tercatat mencapai Rp 50.000 per kilogram.

Baca Juga

“Harga bawang merah naik, sebelumnya Rp 35.000 sekarang menjadi Rp 50.000 per kilogramnya,” ujar Adi salah satu pedagang di pasar Bandung Diwek pada Selasa (21/6/2022).

Sama halnya dengan harga bawang merah di pasar Tradisional cukir, Alif Nur Lailinda mengatakan, harga bawang merah kembali naik pada momen jelang hari raya Idul Adha sudah menjadi hal biasa terjadi.

“Tidak hanya jelang idul Adha saja, biasanya idul fitri maupun bulan puasa memang seperti ini, komoditi bahan dapur banyak yang naik,” jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jombang, Hari Oetomo mengatakan, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kenaikan harga bawang merah di Jombang. Yakni curah hujan yang cukup tinggi.

“Selain itu, bawang merah ini kan tidak semuanya dijual ke pasaran karena harus disimpan untuk ditanam lagi. Nah kemungkinan permintaan pasar cukup tinggi dan stoknya tidak mencukupi sehingga harganya menjadi mahal,” pungkasnya.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait