Harga Kedelai Impor Semakin Meroket, Pedagang Tahu Tipis Untung

Penjual tahu di salah satu pasar di Jombang. (KabarJombang.com/Daniel Eko).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Harga kedelai impor di Kabupaten Jombang dapat dipastikan selalu alami kenaikan. Saat ini harga kedelai impor berkisar Rp 9.800 bahkan ada yang bisa mencapai Rp 10 ribu per kilo gram.

“Saat ini kedelai impor naik menjadi Rp 9.800 per kilo gram. Bulan kemarin masih Rp 9.300, sempat turun dikit tapi naik lagi. Kedelai lokal di pasaran malah nggak ada,” ungkap Bagus agen kedelai, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga

Sementara penjual tahu, Mut mengatakan, harga kedelai tiap minggu alami kenaikan, hal itu berdampak pada penjualan tahu yang ia lakoni setiap harinya.

“Saya kulakan kedelai per hari ini Rp 10 ribu, kemarin masih Rp 9.850 per kilo gram, belum lagi itu upah penggilingan sama pembuatan tahunya. Kalau pemotongan tahu ini suami saya yang motong, jadi agak lebih kecil,” jelasnya.

Harga tahu berukuran kecil saat ini di bandrol seribu rupiah per potong, padahal biasanya di jual Rp 2.500 per tiga potong. Sedangkan tahu berukuran besar dibandrol Rp 2 ribu, biasanya Rp 5 ribu per tiga potong.

“Kalau keuntungan itu nggak bisa diarani (diperhitungkan) pasti,  paling tidak kenaikan kemarin aja per potong Rp 100,- keuntungannya, gak tau kalau sekarang,” pungkasnya.

 

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait