Harga Ayam Potong di Pasar Peterongan Jombang Turun, Sembako Naik

Pedagang ayam potong di pasar peterongan, Jombang, Kamis (30/9/2021). KabarJombang.com/M Faiz H/
Pedagang ayam potong di pasar peterongan, Jombang, Kamis (30/9/2021). KabarJombang.com/M Faiz H/
  • Whatsapp

PETERONGAN, KabarJombang.com – Stok melimpah dari peternak ayam membuat harga ayam potong mengalami penurunan, seperti di pasar tradisional Peterongan, Jombang.

Salah seorang penjual daging ayam potong di pasar Peterongan, Jombang, Yoyon (41) mengatakan bahwa harga ayam potong sudah mengalami penurunan harga sejak beberapa minggu yang lalu.

Baca Juga

Pria asal Mancar, Peterongan, Jombang tersebut menuturkan hal ini karena memang stok ayam dimana-mana sudah melimpah.

“Dari Minggu yang lalu itu harga ayam potong ini sudah turun. Karena memang stoknya sudah melimpah dan dimana-mana pasti banyak,” ujarnya kepada KabarJombang.com, Kamis (30/9/2021).

Penurunan harga yang dimaksud, dari sebelumnya harga ayam perkilogram sekitar Rp 30 ribu, sekarang sudah turun jadi Rp 28 ribu perkilogram. Selain itu dirinya mengaku bahwa, dari penurunan harga tersebut membuat pembeli sudah kembali normal.

“Turun harga selisih Rp 2 ribu saja, dari Rp 30 ribu jadi Rp 28 ribu perkilogram. Alhamdulillah dari penurunan harga ini, pembelinya lumayan sudah normal. Dalam sehari kalau diperkirakan sekitar ada 30 lebih pembeli,” terangnya.

Kendati demikian, harga sembako di pasar tradisional Peterongan tersebut terpantau rata-rata mengalami kenaikan. Mulai dari harga minyak hingga beras. Hal itu juga dikatakan oleh Maisyaroh (63) salah satu penjual bahan pokok di pasar setempat.

“Rata-rata bahan pokok sekarang alami kenaikan harga, tapi tidak jauh kenaikannya. Naik turun harga bahan pokok masih wajar dan memang tidak bisa diprediksi kapan waktu naik turunnya,” terangnya saat ditemui.

Dari kenaikan sejumlah harga bahan pokok yang disebutkan seperti harga kacang yang perkilogram biasanya Rp 22 ribu, kini naik jadi Rp 27 ribu, minyak goreng dari Rp 29 jadi Rp 31 perkilogram, gula yang biasanya Rp 11 ribu jadi Rp 12 ribu perkilogram, telur yang awalnya Rp 16 ribu jadi 17 ribu perkilogram, dan beras yang standar biasanya Rp 8.500 jadi Rp 9 ribu perkilogramnya.

“Harga beras, telur, minyak goreng, gula, kacang saja di sini yang harganya mengalami kenaikan. Kalau yang lain sudah normal dan ada juga yang alami penurunan seperti harga garam yang biasanya 18 ribu, sekarang sudah turun jadi 17 ribu perkilogram,” pungkasnya.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait