Faktor Cuaca, Harga Cabai di Jombang Kembali Naik

Pedagang bumbu dapur Ika (34) di pasar PCN pada Sabtu (8/10/2022)./Karimatul Maslahah/
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Harga cabai di Pasar Citra Niaga (PCN) Jombang terpantau masih naik, Sabtu (8/10/2022). Semula, harga cabai sekitar Rp 40 ribu per kilogram, dan kini bisa mencapai Rp 50 ribu per kilogram. Hal ini dikarenakan petani banyak yang gagal panen akibat faktor cuaca.

“Penyebabnya cuaca yang hampir setiap hari turun hujan hingga harga cabai rawit sudah mencapai Rp 50 ribu perkilogramnya,” kata Ika (34) pedagang Pasar Citra Niaga pada Sabtu (8/10/2022).

Baca Juga

Sama halnya dengan harga cabai merah yang kini turut mengalami kenaikan harga. “Semula cabai merah Rp 25 ribu, sekarang menjadi Rp 40 ribu,” bebernya.

Berbeda dengan harga tomat, yang kini mengalami penurunan drastis yang disebabkan oleh hasil panen pada cuaca buruk.

“Tomat tidak ada harganya, yang kualitasnya kurang baik hanya Rp 2 ribu perkilogramnya, sedangkan kualitas yang lumayan baik seharga Rp 3 ribu hingga Rp 4 ribu perkilogramnya saja,” ujarnya.

Dampak kenaikan harga juga terasa di kalangan pembeli, seperti Ruqoyyah seorang ibu rumah tangga (IRT).

“Kalau tomat memang sudah rada lama turunnya, untuk cabai ini masih belum bisa dijangkau harganya melambung terus” jelas Ruqoyyah.

Ruqoyyah berharap, penurunan harga segera berlaku agar tidak menyulitkan masyarakat kecil untuk membeli bahan pangan. “Harapan kita ya harga tetap stabil lagi, dan tidak naik lagi,” pungkasnya.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait