oleh

Dongkrak Mutu Pendidikan, Pemdes Jombang Salurkan 250 Alat Sekolah

JOMBANG, FaktualNews.co – Pemerintah Desa/Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengucurkan anggaran sekitar Rp 28 juta dari Dana Desa (DD) untuk program pemberdayaan masyarakat di Desa setempat, Selasa (1/10/2019).

Anggaran tersebut diwujudkan dalam kegiatan penyaluran bantuan alat tulis dan kelengkapan sekolah kepada sekitar 250 an pelajar atau siswa dengan sejumlah kategori, mulai dari miskin dan berprestasi serta yatim piatu.

Kepala Desa Jombang, Endang Milaningsih mengatakan, bantuan alat tulis ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikam para pelajar di desa setempat. Sehingga, bantuan alat tulis ini bisa menjadi penunjang siswa dalam kegiatan belajar mengajar mereka di Sekolah.

“Ini sudah kita lakuian ditahun-tahun sebelumnya, hanya saja kami kan harus membagi anggarannya, paket bantuan mulai dari tas, buku dan alinya, dalam waktu dekat ada 60 sisiwa lagi setiap tahun juga kami adakan ini”,ungkapnya.

Kegiatan penyerahan bantuan alat sekolah ini dilakukan dibalai Desa Jombang, pada Senin (30/9/2019). Para pelajar ini nampak memyambut riang sesaat setelah mendapatkan tas dan alat tulis lainya itu.

Selain bantuan siswa, Desa Jombang juga memberikan bantuan di sektor pemberdayaan. Tahun 2018 lalu, ada sekitar 3 janda miskin yang diberikan bantuan berupa tempat usaha berupa etalase.

“Sedangkan tahun depan kami sudah agendakan ada 20 janda atau pemilik usaha (UMKM) yang dapat bantuan, satu unitnya bantuanya 750 ribu”,tambahnya.

Kepala Desa Jombang, Endang Mila menjelaskan, paket bantuan yang dianggaran dari APBDen Desa setempat ini sengaja dilakukan agar pembangunan di desa yang lokasinya berada di jantung kota Jombang ini bisa berjalan beriringanan secara maksimal.

“Selain fokus pembangun fisik, kami juga upayakan bantuan media sosial untuk pemberdyaan masyarakat”, pungkasnya.

Jurnalis: Muji Lestari
Editor: Muhammad Sholeh

Berita Lainnya