Buku Panduan Menulis Berita Lahir Dalam Rakor Ke-3 Kelompok Faktual Media

Rapat Kordinasi (Rakor) Kelompok Faktual Media (KFM) Rabu-Kamis (18-19/12/2019).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.comRapat Koordinasi (Rakor) dan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) FaktualNews.co Ke-3 usai digelar. Mengusung tema ‘Bersinergi Mewujudkan Media Online Bermartabat Melalui Konten Bermanfaat’, acara yang berlangsung di Hotel Horrison Yusro, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang itu berlangsung dua hari,  Rabu-Kamis (18-19/12/2019).

Selain rakor, salah satu acara penting dalam rangkaian kegiatan adalah launching bergabungnya media KabarJombang.com dalam Kelompok Faktual Media (KFM).

Baca Juga

Dihadiri seluruh wartawan FaktualNews.co se Jawa Timur dan semua awak redaksi, Rakor dimulai pukul 13.00 WIB. Sebelum Rakor dimulai, para Wartawan ini dibekali dengan buku saku yang berisi pedoman penulisan yang disusun dan dibagikan untuk kalangan internal Kelompok Faktual Media. Buku berjudul ‘Politik Redaksional’ merupakan panduan bagi setiap wartawan di FaktualNews.co dan KabarJombang.com.

Ada empat materi diberikan kepada para peserta. Yakni, Politik Keredaksian, Fotografi melalui media Smartphone, Kebijakan Redaksi, dan terakhir Strategi Perusahaan start up menghadapi derasnya persaingan media online.

Materi pertama, Kebijaksan redaksi, langsung dibawah kendali oleh Koordinator Liputan, Nurul Yaqin. Dalam pemaparannya, dia menyebut peran masing-masing tim. “Semua bekerja sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawabnya,” ucapnya kepada para peserta.

Materi ini berlangsung 2 jam dari pukul 13.00-15.00 WIB. Penyampaian materi juga tidak kaku, yang membuat para peserta merespon dengan baik. Setelah materi pertama berakhir, jeda Coffe Break diberikan untuk berbincang di luar forum guna merekatkan sinergitas antar para wartawan dan jajaran manajemen

Selepas Coffe Break, kali ini Wartawan dibekali dengan materi Fotografi, dengan Narasumber Luhur Wijaya, Fotografer FaktualNews.co. Disini Wartawan di berikan pemahaman bagaimana mengambil angel foto menarik dari sebuah peristiwa lewat Smartphone.

Materi ini dimulai dan selesai pada pukul 16.00-17.30 WIB. Selepas materi kedua, Wartawan dipersilahkan untuk istirahat dan sholat.

Memasuki pukul 19.00 WIB, peserta dibuat enjoy dengan game ice breaking. Game Motivasi ini berlangsung selama 2 jam. Dengan 5 game diberikan oleh trainer yang didatangkan khusus. Di sesi ketiga, terkait strategi perusahaan menghadapi persaingan ketat bisnis media. Dalam sesi ini langsung dikomandani General Manager Kelompok Faktual Media, M.Fatoni.

Sekitar pukul 23.00 WIB, materi terakhir yakni politik redaksional dipimpin langsung Pemimpin Redaksi, Sutono Abdillah. Dia mengupas banyak hal tentang buku Politik Redaksional KFM. Acara rakor usai pukul 24.00 WIB.

Rakor dan perayaan HUT Ke-3 Faktual di selenggarakan guna menciptakan sinergitas dan loyalitas dalam bekerja. Serta menumbuhkan kesamaan persepai dalam membangun Kelompok Faktual Media yang lebih bermartabat dan bermanfaat.

INSTAGRAM

Berita Terkait