Bukit Seloringgit Wonosalam, Tempat Wisata Pendaki Gunung Pemula

Keindahan bukit Seloringgit, Wonosalam. (Foto: Istimewa).
  • Whatsapp

WONOSALAM, KabarJombang.com – Sebagai Kota Santri, wisata alam Kabupaten Jombang tak kalah dengan daerah lain. Di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam ini, anda bisa merasakan sensasi mendaki di bukit Seloringgit.

Bukit Seloringgit merupakan bukit yang banyak digemari wisatawan untuk mendaki.  Pendakian ini cocok dilakukan pemula. Karena memiliki ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Seloringgit berasal dari kata Selo yang memiliki arti batu dan Ringgit merupakan tokoh pewayangan.

Baca Juga

“Awal mulanya ya memang berarti wayang, selo itu batu, ringgit itu wayang. Jadinya seloringgit, batu yang menyerupai wayang,” kisah Sutiyo warga asli Mendiro.

Dikatakan penjaga lokasi kawasan Seloringgit Sutiyo, asal mula Seloringgit berasal dari nama pewayangan. Karena bentuk bukit Seloringgit yang menyerupai wayang yang tersusun atas bebatuan.

Untuk ke Seloringgit, anda cukup di kenakan biaya parkir sebesar Rp 5 ribu dan biaya tourguide untuk mencapai puncak Seloringgit sebesar Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu.

Tourguide inilah yang nantinya akan memandu perjalanan anda sampai menuju ke puncak dan turun dengan aman.

Ke kawasan ini anda bisa memilih untuk nge camp selama beberapa hari ataupun sekali jalan langsung pulang.

Jarak tempuh pendakian, untuk mencapai bukit seloringgit kurang lebih 1 jam. Hal ini tergantung kekuatan fisik masing-masing.

Jika anda ingin bermalam atau camp. Anda bisa mendirikan tenda di hutan lindung area perkebunan durian Dan kemiri kawasan Seloringgit. Sedangkan jika langsung pulang anda cukup memarkiran kendaraan saja.

Perlu diketahui medan yang dilalui untuk menuju ke puncak yakni menanjak. Sehingga diperlukan kekuatan fisik yang cukup. Dan jangan lupa untuk membawa air mineral saat mendaki ya sobat, terlebih anda bisa membawa makanan ringan untuk cemilan.

Lantas, Apa yang dicari ketika sudah sampai di puncak bukit Seloringgit? Banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati keindahan alam yang hijau nan asri.

Di puncak bukit Seloringgit anda dipertemukan dengan jajajaran pegunungan yang sungguh megah. Inilah yang dicari wisatawan.

Deretan gunung yang bisa kita nikmati diantaranya adalah puncak Jengger dan puncak gunung Kukusan. Selain itu wisatawan juga memburu sunset (matahari terbenam).

“Di sini kalau sore hari banyak diburu wisatawan untuk melihat sunset dari arah barat. Karena disana pemandangannya bagus,” cerita Sutiyo.

Swafoto untuk konten sosial media sosial sangatlah diburu para wisatawan. Sehingga ketika datang kemari jangan lupa membawa kamera terbaikmu untuk mengabadikan keseruan dan keindahan alam di Wonosalam punya ini.

Selain ke bukit Seloringgit di kawasan ini anda juga bisa menikmati indahnya air terjun Selolapis. Arah menuju air terjun dan Bukit Seloringgit memang berbeda. Sehingga jika datang kemari anda harus bisa mengatur waktu dengan baik supaya bisa menikmati keduanya.

Di akhir pekan banyak wisatawan yang datang ke Seloringgit dibandingkan ketika hari biasa. Wisatawan yang datang ke Bukit Seloringgit tidak hanya dari Kabupaten Jombang saja, melainkan dari berbagai daerah.

Ingin menikmati wisata yang Jombang punya ini ? Buruan atur liburanmu untuk datang ke Seloringgit.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait