Audit Dinkes Jombang ke RS Pelengkap Medical Center Hasilkan Lima Rekomendasi

M Vidya Buana, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Jombang. (ft: Dokumen).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Audit Maternal Perinatal (AMP) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang terhadap Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC), rampung. Hasilnya, AMP menerbitkan lima poin rekomendasi.

“Ada lima poin rekomendasi hasil dari AMP, yaitu petugas kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, Dinkes sebagai fasilitator dan pemerintah daerah serta masyarakat,” ucap M Vidya Buana, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga

Untuk rekomendasi petugas kesehatan, lanjut Vidya Buana, yakni petugas kesehatan harus meningkatkan kompetensi dan penempatan tenaga kesehatan.

“Kedua, melakukan kerjasama dengan organisasi profesi review dan pembinaan, kemudian analisa beban kerja dengan cara melakukan in house training,” bebernya.

Selain rekomendasi petugas kesehatan, juga tertera lima poin pada fasilitas pelayanan kesehatan, di mana harus melakukan pemenuhan fasilitas, perubahan pola pikir. “Juga harus mengukur kemampuan pelayanan di RS dengan SDM dan fasilitas yang ada, pemenuhan indikator peningkatan mutu, dan keselamatan pasien,” jelasnya.

Untuk rekomendasi pemerintah daerah dan masyrakat, berkitan dengan dukungan fasilitas oleh Pemda, serta masyarakat tentang edukasi Antenatal Care (ANC), Perinatal Care (PNC) dan pelayanan rujukan.

AMP sendiri sudah dilakukan pada Selasa (18/8/2020) lalu secara tertutup. Dalam tim AMP di antaranya tergabung dari Dinkes, organisasi profesi yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jombang serta Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jombang, di Ruang Soerodiningrat II Pemkab Jombang.

INSTAGRAM

[iscwp-slider username="kabarjombangdotcom" dots="false" limit="5" popup="true" popup_gallery="false" show_likes_count="false" instagram_link_text="Ikuti Instagram"]

Berita Terkait