Penyaluran BLT-DD di Targetkan Selesai Satu Minggu oleh Bupati Jombang

  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Bupati Jombang menyampaikan menargetkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di wilayahnya tuntas dalam kurun satu minggu kedepan.

Ini disampaikan Bupati Mundjidah saat menggelar teleconference dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terkait BLT DD untuk warga terdampak Covid-19.

Baca Juga

Teleconference dilangsungkan di Pendopo Kantor Desa Tugu Sumberejo, Kecamatan Peterongan, Jombang, Rabu (13/5/2020).

Usai penyaluran secara simbolis tersebut, menurut Bupati, Pemkab Jombang (Dinas Sosial) akan melanjutkan pendataan. Hal ini, katanya, sebagai upaya untuk menghindari dobel data dengan Bansos yang lain.

“Beberapa hari ini kita sudah menyalurkan, Insya Allah tanggal 20 (Mei 2020) tuntas untuk (penyaluran) BLT-DD di Kabupaten Jombang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan senilai Rp 600 ribu setiap Kepala Keluarga (KK) kepada beberapa warga yang telah terdata sebagai penerima bansos. Bupati didampingi Wakil Bupati, Sekda, serta sejumlah Kepala OPD Pemkab Jombang.

Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Jatim atas perhatiannya, terutama untuk Kabupaten Jombang sehingga Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga terdampak pandemi Covid-19 bisa disalurkan kepada KPM dengan baik.

“Kita sudah menyalurkan beberapa dana, pertama dana (Bansos) dari Pemkab (Jombang) sudah tuntas, 77.686 (KPM), sudah tersalur, hari ini selesai,” terangnya.

Tak lupa, Bupati Mundjidah kembali menerangkan, Bansos yang berasal dari Pemkab Jombang itu nilainya sama dengan Bansos yang berasal dari Pemprov Jatim yakni sebesar Rp 200 ribu per KPM.

Selain DD, Bansos dari Pemerintah Pusat (BLT Kemensos) saat ini juga sudah mulai dipakukan penyaluran secara serentak di masing-masing desa

“Kemudian yang melalui Himbara juga sudah masuk ke rekening-rekening KPM. Nah, dari 51.000 (KPM), tahap pertama Insya Allah mulai disalurkan ke desa-desa,” bebernya.

“Jadi warga tidak ke kantor pos, tapi dari PT Pos Indonesia mendatangi ke kantor desa. Kita kumpulkan, dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim mengapresiasi penyaluram bansos DD di Jombang ini. Hal ini karena Kabupaten Jombang merupakan daerah yang pertama di Indonesia yang telah menyalurkan BLT DD ini.

“Kami sampaikan terima kasih, kerja keras dari mulai kepala desa, camat, dan tentu dalam koordinasi Ibu Bupati proses untuk bisa mengkases berbagai bantuan ini,” pungkasnya.

Reporter Muji Lestari

INSTAGRAM

Berita Terkait