Hari Jadi ke 114 Pemkab Jombang, Dinsos dan ST Soeharso Kemensos Surakarta Gelar Bhakti Sosial

  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Dalam rangkaian hari jadi ke 114 Pemkab Jombang yang jatuh pd tgl 21 Oktober 2024, Dinas Sosial Kab Jombang ikut menyemarakkan dengan beberapa kegiatan sosial dan pemberdayaan.

Bekerjasama dengan Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Kementerian Sosial di Surakarta, Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dan RSUD Jombang melaksanakan Operasi Mata Katarak Gratis untuk Lansia.

Data penderita katarak dari Dinas Kesehatan dilakukan verval data dan screening utk kelayakan operasi.
Selanjutnya yang memenuhi syarat administrasi dan medis dilaksanakan operasi di Instalasi Bedah Sentral RSUD Jombang mulai hari senin tgl 14 sd Kamis 18 Oktober 2024.Tercatat 39 lansia di Jombang berhasil dioperasi.

Proses Operasi hari pertama di hadiri Pejabat Kemensos Kepala ST Soeharso Surakarta Bpk MK Agung Suhartoyo didampingi Asisten 1 dan 2 serta Kadinsos Jombang.

Selain program Operasi Katarak Gratis, juga ada kegiatan ATÈNSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial) berupa pemberian Bantuan Modal Usaha Ekonomi kepada 70 orang penyandang Disabilitas.
Bantuan berupa alat alat produktif yang diperlukan untuk berusaha /wiraswasta guna meningkatkan ekonomi mandiri para Penyandang Disabilitas

Jenis bantuan antara lain : Speda motor roda 3, Mesin Jahit, peralatan bengkel motor, peralatan bengkel las, alat musik, peralatan Pijat dan lain lain sesuai pengajuan/proposal para penyandang disabilitas dan jenis usaha yg dilakukan.

Atas nama Pemkab Jombang, Kadinsos Hari Purnomo menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kolaborasi dan sinergi antara Kemensos melalui ST Soeharso di Surakarta dengan Pemkab Jombang sehingga terlaksana kegiatan sosial untuk Lansia dan pemberdayaan (ATENSI) untuk Disabilitas di Kab Jombang, dengan harapan tentunya bermanfaat utk para penerima.

Bantuan ATENSI berupa modal usaha ekonomi tahap pertama tlh diserahkan Oleh Pj Bupati Jombang kepada penyandang Disabilitas di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) penyandang Disabilitas pada tgl 7 Oktober.

“Pada momen tersebut Bupati menyapa para penerima bantuan sekaligus berpesan agar Bantuan yang diberikan dan dimanfaatkan sebagai sarana berusaha dan di rawat dengan sungguh sungguh agat peralatannya bisa berfungsi maksimal,” jelas Hari Purnomo.

Kepala ST Soeharso Bp Agung dlm kesempatan yg sama menyampaikan selamat Hari Jadi ke 114 Pemkab Jombang dan terkait program kegiatan sosial yg dilaksanakan ST Soeharso siap untuk terus berkolaborasi dengan Dinsos Jombang dlm memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu , dan harapannya kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin mengiringi Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang.

ST Soeharso sebagai unit Pelayanan Sosial milik Kementerian Sosial RI akan senantiasa bersinergi dengan Dinas Sosial sesuai wilayah kerja kewenangan ST Soeharso dalam memberikan pelayanan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan tentunya bersama Dinas Sosial Kabupaten selalu berkoordinasi bila ada permasalahan permasalahan sosial yang mendesak dan darurat.” Terang agung

Iklan Bank Jombang 2024
  • Whatsapp

Berita Terkait