Paguyuban PKL Jombang Inisiatif Deklarasi Dukung WarSa secara Sukarela di Pilkada 2024

  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) mendeklarasikan diri mendukung Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 2, H Warsubi – KH Salamanudin Yazid (WarSa) di Pilkada Jombang 2024 ini. Bahkan, paguyuban PKL tersebut mendeklarasikan diri dengan inisiatif sendiri dan sukarela.

Acara yang dilakukan di masing-masing kecamatan ini, dilakukan secara mandiri atau swadaya. Mereka menggelar acara dengan sederhana dengan berkumpul sesama anggota paguyuban, tumpengan, lalu dipungkasi dengan deklarasi.

Baca Juga

Para pedagang PKL ini satu suara memberikan dukungan kepada paslon nomor 2, Warsubi-Gus Salman dalam Pilkada Jombang yang dihelat pada 27 November 2024. Semisal yang dilakukan oleh PKL Guyub Rukun Kecamatan Kesamben.

Mereka melakukan deklarasi dukungan pada Jumat malam, 11 Oktober 2024. Puluhan anggota PKL Guyub Rukun berkumpul di salah satu rumah milik warga setempat. Usai tasyakuran, mereka berdiri dengan rapi, lalu melakukan deklarasi.

“Kami dari PKL Guyub Rukun Kecamatan Kesamben mendukung Warsa (Warsubi-Salman). Warsa menang, rakyat senang, PKL nyaman. Salam dua jari. Yess,” kata Winarto, koordinator PKL Guyub Rukun Kecamatan Kesamben.

Hal serupa juga dilakukan oleh Paguyuban PKL Mojoagung, Paguyuban PKL RSUD Jombang, Paguyuban PKL Jogoroto, Kompas (Komunitas Pedagang Sekolahan) Comuniti. Kompasa adalah Paguyuban berisi para pedagang yang selama ini berjualan di sekolah-sekolah secara keliling.

Afandi, koordinator Kompas Comunity menjelaskan, pihaknya secara sukarela mendukung pasangan Warsubi-Salman. Pasalnya, selama ini Warsubi sangat perhatian dengan wong cilik seperti dirinya. Selain itu, Warsubi merupaka Pembina Spekal (Serikat Pedagang Kaki Lima) Jombang, tempat Kompas bernaung.

“Makanya, dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun, kami para pedagang sekolahan mendukung Abah Warsubi untuk menjadi Bupati Jombang dalam Pilkada mendatang. Hidup Warsa. Salam dua jari,” kata Afan, penuh semangat.

Sedangkan Paguyuban PKL Mojoagung menggelar deklarasi dukungan untuk Warsubi-Salman pada Rabu, 9 Oktober 2024 di RTH (Ruang Terbuka Hijau) setempat. Mereka iuran secara swadaya untuk melakukan acara itu. Menyediakan konsumsi hingga menyediakan tempat secara lesehan.

Rozad, koordinator PKL Mojoagung menyuguhkan sejumlah alasan mendukung Warsubi-Salman untuk memimpin Jombang. Selain peduli dengan wong cilik, Warsubi juga sudah mumpuni di bidang pemerintahan.

Betapa tidak, menurutnya Warsubi pernah menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Mojokrapak Kecamatan Tembelang tiga periode. Selama itu, Desa Mojokrapak maju pesat. Perekonomian warganya juga meningkat.

Sedangkan Gus Salman sudah tidak diragukan lagi. Selain aktif di lembaga Pendidikan, Gus Salman juga pernah menjabat sebagai Ketua PCNU Jombang. “Makanya kami mendukung WarSa dalam Pilkada Jombang 2024. Salam dua jari,” kata Rozad sembari mengacungkan 2 jari.

Dukungan dari PKL setiap simpul secara sukarela ini akan terus bergulir. Mengingat masih ada simpul-simpul Spekal Jombang yang belum melakukan deklarasi. Semisal, Paguyuban PKL Jalan dr Sutomo dan Paguyuban PKL Car Free Day (CFD).

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait