Dinas Pertanian Jombang Lombakan Hasil Olahan Tembakau di Acara Jombang Fest 2024

  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com– Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pertanian akan gelar kompetisi lomba Dik Plot tembakau yaitu melombakan lahan tembakau, masing-masing di 5 kecamatan penghasil tembakau. Dalam lomba tersebut, akan dinilai hasil kualitas tembakaunya.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu event menarik dalam rangkaian Jombang Fest yang akan di lombakan tanggal 15/10/2024 bertempat di alun-alun Jombang.

Lomba ini menjadi ajang bagi kelompok petani tembakau yang ada di 5 kecamatan di Kabupaten Jombang yaitu Kecamatan Ploso, Ngusikan, Kudu, Kabuh, dan Kecamatan Plandaan. Penilaian juri mencakup kebersihan pengolahan, teknik irisan, dan kualitas hasil rajangan dan juga roma kualitas tembakau. Kegiatan tersebut dibiaya anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024.

Kepala Dinas Pertanian Ir Much Rony, MM. melalui Syafril Pratama SP, Kasi Produksi Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Jombang mengatakan, dalam menyambut hari jadi Kabupaten Jombang, di samping mengadakan Bimtek Petani Tembakau, Dinas pertanian Jombang juga menggelar Lomba Diplot yaitu melombakan lahan tembakau yang di tanam masing – masing kelompok petani tembakau.

“Kita pingin tahu lahan pertanaman tembakau mana yang paling bagus dari segi olahan budi daya sampai hasil tembakau rajangannya. Insyaallah Senin ini (14/10/2024) tahap penilaian terakhir, kemarin teman teman petani sudah setor tembakau ke kami untuk kita kita nilai apakah tembakau yang di hasilkan itu sesuai dengan spesifikasi teknis yang di suka pabrikan rokok ,tentunya yang menilai dari Dinas pertanian dan juga perusahan Rokok menilai apakah tembakau yang di setorkan ke kami itu apakah sudah memenuhi standarisasi perusahan ,dan hasilnya yang paling baik itu yang kan menjadi juaranya yang akan kami umumkan pada hari selasa malam tanggal (15/10/2024) di dalam acara jombang fest,” pungkasnya.

Iklan Bank Jombang 2024
  • Whatsapp

Berita Terkait