Gelar Karya P5 SMPN 1 Kesamben, Mengangkat Topik Tari Kelana Topeng Jatiduwur

  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Acara Gelar Karya P5 di SMPN 1 Kesamben dilaksanakan dengan berbagai tema di tiap tingkatan kelas, digelar pada Kamis (26/09/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Irawan Budi Santoso, S.Pd selaku kepala sekolah SMPN 1 Kesamben. Dalam sambutannya Irawan menyampaikan bahwa Gelar Karya P5 ini diselenggarakan adalah sebagai wujud apresiasi positif dari proses yang sudah dilakukan oleh seluruh siswa SMPN 1 Kesamben beserta bapak/ibu guru beserta stakeholder lainnya dari bulan Juli sampai September.

Baca Juga

“Diselenggarakannya Gelar Karya P5 ini sebagai wujud apresiasi positif dari proses yang sudah dilakukan oleh seluruh siswa SMPN 1 Kesamben beserta bapak/ibu guru beserta stakeholder lainnya dari bulan Juli sampai September,” terangnya.

Mengangkat tema suara demokrasi dengan topik pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS oleh kelas 7 memberikan pengalaman berpolitik pada anak-anak sehingga anak-anak dapat belajar dari dini tentang bagaimanakah berdemokrasi secara benar dengan menjunjung sportifitas.

Tema kearifan lokal untuk kelas 8 adalah memviralkan permainan tradisional yang dikemas dalam bentuk drama kolosal oleh 60 siswa siswi kelas 8 dengan tampilan berbagai macam permainan tradisional. Hal ini untuk melatih kreatifitas, jiwa gotong royong dan nalar kritis siswa dengan terbiasa melakukan lagi permainan-permainan tersebut sehingga anak-anak dapat mengurangi ketergantungan terhadap handphone.

Pada tema kearifan lokal oleh kelas 9 dengan mengangkat topik tari Kelana Topeng Jatiduwur adalah memahamkan pada siswa agar mengetahui dan mampu menjaga kelestarian budaya lokal Kesamben. Yang bertujuan menjaga kesenian tersebut tetap menjadi  budaya kita dan tidak sampai diambil oleh negara lain.

M. Jaelani, S.Pd selaku ketua Pilkaosis menambahkan bahwa kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS kali ini agak berbeda dengan tahun kemarin, kegiatan pemilihan tahun ini diusahakan prosesnya mirip dengan pemilihan umum di negara ini,

Dimana ada Bawaslu dan proses seleksinya pun ketat dengan adanya tes tulis dan wawancara mengenai program sekolah dan permasalahan yang terjadi di sekolah selama ini serta solusinya, saat kampanye juga ada proses tanya jawab dari audien, properti yang dipakai pada saat pemilihan (gelar karya) itu juga adalah hasil karya anak-anak.

Kegiatan Gelar Karya P5 SMPN 1 Kesamben ini dihadiri oleh bapak Muktar, M.Pd selaku pengawas dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Jombang. Dalam sambutannya Muktar mengatakan bahwa pelaksanaan P5 adalah menumbuhkan jiwa kreatifitas pada siswa dengan mengangkat tema suara demokrasi diharapkan siswa mendapatkan ilmu tentang bagaimanakah pelaksanaan politik di tingkat sekolah dengan jujur tanpa adanya money politik.

Pada tema kearifan lokal dengan mengangkat topik tari kelana topeng Jatiduwur adalah pilihan yang tepat karena tarian tersebut adalah budaya lokal dari Kesamben sehingga siswa siswi SMPN 1 Kesamben mengenal dan  memahami betul bagaimana cara melestarikan budaya lokal.

“kegiatan P5 ini memilih tema yang tepat, karena dapat menumbuhkan jiwa kreatifitas pada siswa dan pada tema kearifan local dengan mengangkat topik tari kelana topeng Jatiduwur adalah pilihan yang tepat karena tarian tersebut adalah budaya lokal dari Kesamben sehingga siswa siswi SMPN 1 Kesamben mengenal dan  memahami betul bagaimana cara melestarikan budaya lokal,” ungkap Muktar.(Rebeca)

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait