Emil Dardak Pamerkan Capaian Penurunan Angka Kemiskinan di Jatim saat Dikerubungi Emak-emak di Jombang

Foto : Cawagub Jatim nomor urut 2 Emil Dardak yang didampingi oleh istrinya, Arumi Bachsin dan Gus Sentot saat menyapa emak-emak di Kantor DPC Partai Demokrat Jombang. (Istimewa)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut 2, Emil Dardak, pada Minggu (29/9/2024) mengunjungi Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Jombang, yang berada di Jl. WR. Supratman No.10, Tugu, Kepatihan.

Setibanya di lokasi pada pukul 07.00 WIB, Emil dan istrinya, Arumi Bachsin, langsung dikerubungi oleh banyak emak-emak yang sangat antusias ingin berfoto bersama. Setelah melayani permintaan foto, Emil melanjutkan kegiatannya dengan memasuki kantor DPC Partai Demokrat yang telah disambut hangat oleh Ketua DPC, Syarif Hidayatullah, yang akrab disapa Gus Sentot, beserta jajarannya.

Baca Juga

Kemudian mantan Bupati Trenggalek tersebut melanjutkan kegiatannya dengan meluangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan para emak-emak, sebelum menuju ke halaman untuk menyapa mereka yang telah hadir sejak pagi untuk mengikuti senam bersama.

Di depan para ibu-ibu tersebut, Emil mengajak mereka bernyanyi sekaligus mengingatkan untuk mendukung pasangan Khofifah-Emil pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

Pada momen tersebut Emil menyampaikan prestasi signifikan dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem di provinsi ini selama masa jabatannya bersama Khofifah Indar Parawansa.

Salah satu poin penting yang disampaikan Emil adalah terkait pencapaian penurunan angka kemiskinan ekstrem di Jawa Timur. Ia menjelaskan bahwa ketika dirinya dan Khofifah mulai menjabat, angka kemiskinan ekstrem berada pada level 4,4 persen. Yang merupakan angka tinggi untuk provinsi dengan 38 kabupaten/kota dan populasi sekitar 41 juta jiwa.

Sebagai perbandingan, angka kemiskinan nasional saat itu adalah 3,9 persen. Emil menyebutkan bahwa pada tahun 2023, angka kemiskinan di Jatim telah menurun drastis hingga hanya 0,66 persen.

“Ini merupakan bukti nyata bahwa kami bekerja. Angka kemiskinan ekstrem di Jawa Timur turun secara signifikan. Tentu saja, pencapaian ini bukan hanya hasil kerja satu atau dua orang, melainkan hasil kolaborasi semua pihak, termasuk para emak-emak hebat yang ada di sini,” ujar Emil di hadapan para emak-emak peserta senam.

Selain membahas penurunan angka kemiskinan, Emil juga menyoroti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur. Ia menjelaskan bahwa IPM yang mengukur kualitas pendidikan, kesehatan, dan pendapatan ini sebelumnya berada di bawah rata-rata nasional, dengan nilai 71 pada lima tahun lalu. Namun, saat ini, IPM Jawa Timur telah melampaui angka nasional, menunjukkan kemajuan yang signifikan.

“Alhamdulillah, tahun ini IPM Jawa Timur berada di atas rata-rata nasional. Semakin tinggi IPM, semakin baik pula kualitas hidup masyarakat. Jadi, jika ada yang meragukan kinerja kami dalam lima tahun terakhir, itu adalah anggapan yang salah,” tegas Emil, yang disambut dengan sorakan setuju dari para emak-emak.

Dalam agenda kunjungan tersebut, Ketua DPC Partai Demokrat Jombang, Gus Sentot, menjelaskan bahwa Emil memiliki dua agenda utama. Selain senam bersama emak-emak, Emil juga akan melanjutkan kunjungan ke Wonosalam untuk bertemu dan berdialog dengan para petani setempat.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait