Grebek Tahu, Tradisi Tahunan Sebagai Bentuk Rasa Syukur Warga Desa Sumbermulyo Jogoroto

Foto : Tradisi Grebek Tahu Desa Sumbermulyo, Jogoroto, Jombang. (Kevin Nizar)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang mengadakan acara grebeg tahu.

Sejak pukul 13.00 WIB, Jum’at (20/9/2024), puluhan gunungan tahu, terlihat sudah mulai diarak oleh masyarakat dari sentra industri tahu Dusun Bapang menuju lapangan Desa Sumbermulyo.

Baca Juga

Setalah mencapai garis finish, puluhan gunungan tahu tersebut terlebih dahulu dipersilahkan untuk parkir di tempat yang telah disediakan oleh panitia. Ribuan warga turut menyambut kedatangan tahu yang telah ditumpuk-tumpuk dan dihias sedemikian rupa tersebut.

Saat lantunan doa masih menggema dan belum berakhir, nampaknya para warga sudah tidak sabar untuk segera merebutkan tahu-tahu dengan cita rasa yang khas dan telah menjadi icon dari Kabupaten Jombang tersebut.

Terlihat para panitia juga sangat kuwalahan membendung ambisi para pengunjung untuk segera mendapatkan tahu. Masyarakat saling melambai-lambai kan tanganya dengan bersiap untuk menergap, apabila ada tahu yang dilempar oleh panitia menuju ke arahnya.

Mulai dari emak-emak, bapak-bapak, remaja, hingga anak-anak, semua tumbah ruah menjadi satu berpartisipasi dalam acara yang berlangsung satu tahun sekali tersebut. Walau terik matahari menyengat, namun tak mengalangi semangat mereka untuk bisa mengikuti acara tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Sulami (50), warga Desa Sumbermulyo, ia mengaku senang dan rela berebut dengan ratusan lainnya demi bisa menyemarakan acara ini dan syukur-syukur bisa mendapatkan tahu.

“Walaupun harga tahu tidak seberapa dan mudah didapatkan, saya merasa sangat senang dan bangga bisa ikut berpartisipasi dalam grebeg tahu ini. Karena sebenarnya bukan tahunya yang kita cari, akan tetapi lebih ke bentuk rasa syukur serta mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Sulami, mengaku sejak awal sudah menyiapkan wadah berupa kantong plastik dari rumah. Usahanya tersebut nampaknya tidak sia-sia, karena terlihat kantong plastik tersebut terisi penuh dengan puluhan tahu dan aneka sayur-sayuran, yang berhasil ia dapatkan dari grebeg tahu tersebut.

“Ya alhamdulillah tas kresek yang saya bawa dari rumah ini sudah terisi penuh ada tahu dan beberapa sayuran. Kira-kira tadi saya mendapat sekitar kurang lebih 20 plastik tahu,” ucapnya sambil menenteng tas kresek isi tahu.

Sementara itu Fuad, selaku Kepala Desa Sumbermulyo menyampaikan, agenda grebeg tahu ini memang digelar rutin satu tahun sekali. Yang dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HUT Jam’iyah Mahabaturrossul.

“Selain itu tradisi ini juga sebagai bentuk mensyukuri keberkahan dan rezeki yang dilimpahkan oleh Tuhan di desa kami. Agenda ini juga sebagai bentuk promosi desa yang banyak memunculkan tempat produksi sentra penghasil tahu,” terangnya.

Menurut Fuad, di Desa Sumbermulyo, Jogoroto ini adalah tempat sentra penghasil tahu di Kabupaten Jombang yang sangat terkenal dan telah menjadi icon. Dirinya berharap dengan adanya grebek tahu ini, ekonomi masyarakat sekitar bisa meningkat dan tentunya produksi tahu bisa semakin berkembang.

Berita Terkait