Festival Jambu Gondangmanis Jombang, Upaya Promosikan Potensi Desa

Suasana meriah Festival Jambu Gondangmanis 2024. (Kevin Nizar).
  • Whatsapp

BANDAR KEDUNGMULYO, KabarJombang.com – Semarak perayaan sedekah desa Festival Jambu Gondangmanis, menarik antusias masyarakat. Gunungan berisi jambu Gondangmanis (darsono) yang tumbuh lebat di Desa Gondangmanis, disuguhkan untuk diperebutkan dalam puncak acara yang diadakan Minggu (15/9/2024) sore.

Sebelum puncak acara dimulai, terlihat beberapa gunungan hasil bumi berukuran sedang diarak warga dari kantor desa setempat menuju Agro Wisata Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang berjarak sekitar 500 meter.

Baca Juga

Masyarakat nampaknya sudah bersiap untuk merebutkan jambu dengan cita rasa yang khas tersebut. Mereka sengaja datang ke tempat Festival Jambu Gondangmanis ini, karena memang penasaran dan acaranya sangat luar biasa.

“Saya sengaja datang kesini bersama keluarga, karena memang acaranya sangat luar biasa. Selain tujuan utamanya ingin mendapat jambu dan hasil bumi, ternyata juga banyak pertunjukan seni dan budayanya,” ungkap Lastri, salah satu pengunjung.

Saat puncak acara dimulai, para panitia terlihat sibuk melempar-lempar jambu yang ada di gunungan raksasa, untuk dibagikan kepada para pengunjung yang datang. Hal tersebut sengaja dilakukan, karena memang jaraknya lumayan jauh, antara gunungan dengan para pengunjungnya.

Sebaliknya, para pengunjung juga terlihat sibuk menangkapi lemparan jambu dari panitia yang berada di atas gunungan. Dari pantauan di lapangan, nampak seperti hujan jambu, karena memang banyaknya lemparan yang datang dengan bertubi-tubi dari atas.

Demi bisa mendapatkan jambu, tak jarang antar warga saling berebut, hingga berjatuhan. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat masyarakat marah, justru dengan begitu mereka merasakan keseruan dari acara pesta buah jambu ini.

Salah satu penonton Festival Jambu Gondangmanis yang bernama Suliatin mengaku sengaja datang jauh-jauh dari Kabupaten Kediri. Karena ia penasaran dan ingin melihat acara tersebut.

“Saya sengaja datang di festival ini, karena di tempat saya Kediri, tidak ada. Alhamdulillah saat rebutan tadi, saya dapat 12 kantong. Tidak rugi saya jauh-jauh datang kesini, semoga tahun depan ada lagi,” ujar Suliatin, warga Kediri yang hadir di Festival Jambu Gondangmanis.

Kades Gondangmanis Luqman Hakim, saat memimpin arak-arakan hasil bumi ke tempat kenduri jambu di Agro Wisata desa setempat. (nurul yaqin).

Panitia menyediakan empat ton jambu Gondangmanis, yang merupakan buah asli dari Desa Gondangmanis tersebut. Menurut Luqman Hakim, selaku Kepala Desa Gondangmanis, jambu ini hanya ada di desanya.

“Jambu Gondangmanis yang hanya ada di Desa Gondangmanis ini merupakan salah satu icon yang perlu terus kita promosikan. Salah satunya dengan adanya Festival Jambu Gondangmanis ini,” tegas Gus Luqman, panggilan akrab Luqman Hakim.

Ia mengatakan, festival ini tidak ada maksud dan tujuan lain selain untuk menunjukkan dan mempromosikan potensi sumber daya alam yang ada di Desa Gondangmanis.

“Selain itu festival ini, juga merupakan bentuk rasa syukur, kepada Allah SWT sebab masyarakat yang selalu rukun dan guyub antar warga satu sama lain,” pungkasnya.

Dalam acara Fetival Jambu tersebut, selain dihadiri ribuan pengunjung dari Jombang dan sekitarnya. Juga dihadiri Pj Bupati Jombang, Teguh Narutomo, serta sejumlah anggota dewan baik dari DPRD Jombang, DPRD Jatim, serta anggota DPR RI.

 

 

Berita Terkait