Perumdam Tirta Kencana Gandeng Kodim, Guna Tingkatkan Layanan Air dan Percepat Investasi di Jombang

Foto : Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang, Khoirul Hasyim, dengan Dandim 0814 Jombang Letkol Kav Devid Eko Junanto, jalin kerjasama MOU. (Kevin Nizar)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Sebagai upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait pelayanan sumber daya air yang ada di Kabupaten Jombang, Perumdam Tirta Kencana menggandeng Kodim 0814 Jombang untuk menandatangani MOU.

“Kerjasama ini kita beri nama ‘sinergi energi’ yang tujuanya adalah untuk percepatan investasi guna menambah layanan air kepada masyarakat Jombang,” ujar Khoirul Hasyim, Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang.

Baca Juga

Karena diakui menurutnya, Perumdam ini masih rendah wilayah cakupannya, yakni sekitar 11 persen. Maka dari itu pihaknya butuh pendampingan kepada Kodim untuk peningkatan cakupan wilayah dari layanan tersebut.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang, Khoirul Hasyim, dengan Dandim 0814 Jombang Letkol Kav Devid Eko Junanto.

Serta, Kepala Dinas Perkim Jombang, Agung Hariadi, yang bertempat di kantor Kodim 0814, Jl Wahid Hasyim, Jombang, pada Senin (29/7/2024).

“Salah satu bentuk kerjasamanya adalah nanti akan ada sosialisasi ke masyarakat sebagaimana kita ketahui, TNI ini memiliki jaringan sampai ke bawah, sehingga kita sosialisasinya enak. Termasuk pengamanan aset, pengurangan ilegal connetion, supaya tidak ada benturan kepada masyarakat,” ungkap Hasyim.

Selain pendampingan dan penanganan aset kerjasama ini juga akan ada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Bagaimana nanti teman-teman di Perumdam juga memiliki loyalitas yang tinggi akibat peningkatan SDM yang dilakukan bersama ini.

“Di Kodim teryata juga ada program pelaksanaan konservasi sumber daya air, yang mana ini juga menjadi tigyas kami. Karena kami mengelola air maka kami akan bersinergi di dalam melaksanakan pengelolaan sumber daya air yang ada di Kabupaten Jombang,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya kolaborasi ini kedepan investasi-investasi baik yang dilakukan oleh perumdam maupun investor luar. Dalam rangka peningkatan layanan air semakin dapat terlaksana dengan baik, lancar, tanpa ada kendala dan Jombang semakin maju.

Sementara Dandim 0814 Jombang Letkol Kav Devid Eko Junanto menyampaikan, kerjasama ini, didasari oleh tugas TNI yang tercantum dalam UU nomer 34 tahun 2004. Yang berbunyi tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu pemerintah daerah (Pemda).

“Yang berarti disini kami membantu program-program Pemda dalam rangka proses percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan program-program lainya,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia mencontohkan seperti, penanganan aset, percepatan pembangunan, dalam rangka meningkatkan kebutuhan masyarakat tentang air bersih.

“Kemudian yang kedua dasar kami adalah, adanya program unggulan TNI, yakni manunggal air. Tentu saja ini terkait dengan program-program yang ada di Pemerintah Daerah tersebut,” kata Letkol Kav Devid Eko Junanto.

Sehingga pihaknya perlu melakukan kolaborasi dengan instansi tersebut. Baik untuk pengamanan, pendampingan, dan hal lainya. Suoaya program-program tersebut bisa terlaksana dengan baik, khususnya dalam proses percepatan pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Jombang.

“Untuk kerjasama dengan Perumdam Tirta Kencana, TNI akan melakukan pendampingan terhadap program-program yang ada di PDAM seperti pembangunan instalasi baru dan sebagainya. Kita akan melakukan pendampingan sehingga proses pengerjaan itu bisa terealisasi dengan sesuai jadwal, waktu dan tanpa ada hambatan dan kendala apapun,” pungkasnya.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait