Pemindahan Makam Mbah Blawu, Kepala Desa: Kita Musyawarahkan Bersama Warga

Makam Mbah Blawu yang terletak di atas struktur situs./Karimatul Maslahah/
  • Whatsapp

JOGOROTO, KabarJombang.com – Tim Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jawa Timur (Jatim) menunggu kesepakatan warga untuk memindahkan makam Mbah Blawu pada Eskavasi tahap ke dua yang sudah berjalan.

Ketua Unit Pengembangan dan Pemanfaatan BPK Wilayah 11 Jatim, Pahadi mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi dari kepala Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto untuk berkoordinasi dengan warga sekitar.

Baca Juga

“Makamnya belum bisa untuk dibongkar karena pihak kepala desa belum berkoordinasi dengan warga,” ujarnya pada Selasa (18/10/2022).

Tim BPK hingga saat ini masih menunggu hasil koordinasi kepala desa dengan warga sekitar untuk melakukan pembongkaran makam Mbah Blawu yang terletak di atas struktur situs.

“Kalau kita hanya mengikuti dari kepala desa untuk memindahkan makam Mbah Blawu yang ada di atas struktur situs ini,” bebernya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Murjono mengatakan, pihaknya akan segera melakukan musyawarah dengan warga terkait pemindahan makam Mbah Blawu yang terletak di atas situs.

“Nanti kita akan mengumpulkan warga dulu untuk musyawarah karena makam ini sebagai kepercayaan warga sekitar,” bebernya.

Sementara itu, dikatakan Murjono, pihak pemerintah Desa tidak keberatan jika makam Mbah Blawu tersebut dipindahkan untuk meneruskan proses eskavasi situs Mbah Blawu tersebut.

“Kalau pihak pemerintah desa kita tidak keberatan, namun kita juga tidak tahu pendapat warga seperti apa, makanya kami akan segera lakukan musyawarah bersama warga terutama sesepuh di Desa ini,” pungkasnya.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait