Penyebab Memori Handphone Android Cepat Penuh, Padahal Aplikasi Sedikit

Ilustrasi memori android cepat penuh.
Ilustrasi memori android cepat penuh.
  • Whatsapp
JOMBANG, KabarJombang.com – Pemilik handphone android kerap kali merasakan memori cepat penuh, padahal aplikasi tidak banyak. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk persoalan tersebut.

Memori penyimpanan menjadi elemen penting dalam sebuah ponsel. Ketersediaan ruang penyimpanan yang sedikit dapat mengganggu performa ponsel tersebut.

Berikut yang menyebabkan memori cepat penuh di android seperti dikutip KabarJombang.com dari CNNIndonesia, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga

Foto dan Video

Ponsel dengan kualitas kamera yang baik menghasilkan hasil foto dan video yang berukuran besar. Dan sistem pengiriman pesan instan sekarang pun memungkinkan untuk tidak mengirim file dalam ukuran aslinya.

Penggunaan ponsel dalam jangka panjang tentu saja akan membuat jumlah file foto dan video semakin banyak.

Selain itu, tren penggunaan sosial media juga menumbuhkan produksi konten dalam bentuk foto dan video.

Pengguna bisa menghapus beberapa file foto dan video melalui aplikasi manajemen file untuk mengurangi ruang penyimpanan yang terpakai.

Cache

Seperti dilansir Android Authority, cache adalah data yang diperlukan oleh ponsel untuk dapat bekerja dengan cepat dan efisien, sehingga membersihkan cache akan memberi efek samping pada kinerja aplikasi tersebut.

Namun jika pengguna ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lega, cara ini bisa menjadi pilihan. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache:

1. Buka bagian Settings di ponsel Anda
2. Pilih Battery and Device Care
3. Lalu pilih Storage
4. Klik pada ikon di kanan atas lalu pilih Advanced
5. Pilih Other Apps
6. Kemudian Anda bisa memilih aplikasi yang cachenya ingin dihapus

Offline Maps

Google Maps memiliki fitur offline maps yang memungkinkan pengguna melihat peta tanpa menggunakan paket data. Hal ini akan sangat membantu, terutama di wilayah dengan kualitas sinyal yang kurang baik.

Meski sangat berguna, offline maps yang tersimpan di ponsel cukup menghabiskan banyak ruang. Pengguna dapat menghapus offline maps yang sudah terunduh dengan cara berikut:

1. Buka aplikasi Google Maps
2. Klik Foto Profil Anda yang terletak di bagian kanan atas
3. Pilih Offline Maps
4. Klik pada ikon titik tiga di sebelah area yang sudah diunduh
5. Pilih Delete

Selain itu, data yang memakan cukup banyak ruang bisa jadi adalah sisa-sisa data dari aplikasi yang telah dihapus. Saat aplikasi dihapus, data dari aplikasi tersebut terkadang masih tersisa di ponsel. Data itu biasanya berupa data unduhan, foto, atau file pengaturan dari aplikasi tersebut.

Ruang penyimpanan yang sedikit akan mengganggu produktivitas pengguna. Namun beberapa cara bisa dilakukan guna memperluas kapasitas ruang penyimpanan di ponsel. Di antaranya penggunaan kartu memori eksternal dan penggunaan penyimpanan awan atau cloud storage.

Seperti dilansir dari Mobile Internist, jika Anda tidak menemukan penyebab ruang penyimpanan di ponsel Anda habis. Melakukan Factory Reset bisa juga menjadi solusi untuk membuat ponsel Anda bersih kembali, namun lakukan dulu backup data sebelum melakukan hal tersebut.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait