Cara Menolak Ajakan Teman Makan Saat Puasa Secara Islami

Ilustrasi. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Godaan saat menalankan ibadah puasa sangat beragam. Baik dari sendiri maupun dari sekeliling kita. Seperti ajakan teman untuk makan (batalkan puasa), namun ada cara menolaknya secara syariat Islam.

Memang tingkat keimanan seseorang sangat berbeda bergantung dari niat dan kesungguhan dalam menjalankan puasa. Tapi kembali pada niat untuk selalu istiqomah dan teguh pada keimanan untuk tetap menjalankan ibadah puasa meskipun godaan akan selalu ada.

Baca Juga

Tak perlu khawatir dan merasa bersalah untuk menolak ajakan teman jika akan melukai atau menyinggung perasaannya. Karena kita menolaknya dengan ramah dan akan mendoakannya seperti ulasan berikut ini.

Berdasarkan penjelasan Imam Abu Yahya Zakariya Al Anshari dalam kitab Fathul Wahhab,

“Dan diharamkan membatalkan ibadah fardu ain.”

Namun jika puasa tersebut adalah puasa sunnah, maka sebaiknya tetap meneruskan puasanya dan mendoakan orang yang mengajak makan tersebut. Terlebih jika puasa tersebut merupakan amalan yang biasa dikerjakan olehnya. Tetap menjaga keistiqamahannya adalah lebih diutamanakan. Rasululah bersabda:

“Apabila seseorang di antara kamu diundang (makan) hendaklah dipenuhi. Apabila puasa, hendaklah mendoakan (kepada orang yang mengundang). Apabila tidak puasa, hendaklah makan” (HR Muslim)

Dengan demikian, jika keadaan sudah niat berpuasa terlebih lagi saat masuk kedalam bulan suci Ramadan seperti saat ini, lalu ada ajakan makan hadir menghampiri.

Maka etika yang diajarkan Rasulullah adalah terus melanjutkan puasanya. Namun dengan memberikan doa dan keberkahan yang terbaik untuk orang yang mengajak kita makan.

Mendoakannya agar meninggalkan perbuatan yang buruk itu. Tidak dengan penolakan yang menyakiti dan merendahkan. Rasulullah memberikan referensi kepada kita agar tetap bisa menjaga perasaannya dengan mendoakannya.

Jadi, tahan apapun godaannya agar kita dapat melanjutkan puasa yang kita lakukan dan semoga istiqomah dalam menjalankan setiap ibadah demi kebaikan diri masing-masing

 

 

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait