144 Kilometer Jalur Alternatif, Siap Digunakan Saat Mudik

Hari Oetomo, Kepada Dinas PUPR Kabupaten Jombang. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Sepanjang 144 kilometer jalur alternatif, siap dilalui menjelang arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijiyah nanti. Kesiapan ini, disampaikan Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Jombang, Hari Oetomo, Rabu (7/6/2017).

Menurutnya, hingga saat ini, beberapa perbaikan jalur alternatif sudah dilakukan di beberapa kecamatan di Kabupaten Jombang. Jika dirinci, perbaikan jalur alternatif dilakukannya yakni di Jatipelem – Gudo – Kediri, Peterongan – Sumobito – Mojokerto, serta Mojoagung – Mojowarno – Kediri, dan Tapen – Kabuh – Lamongan.

“Jauh hari sudah kita lakukan perbaikan, terutama jalur yang digunakan alternatif untuk mudik. Semuanya sudah siap dilintasi kendaraan,” ujar Hari Oetomo.

Meski begitu, dirinya tak menampik jika masih terdapat ketidak sempurnaan dalam perbaikan yang dilakukannya, sehingga masih didapati jalan bergelombang. Namun, dirinya memastikan kondisi itu tak begitu parah. “Memang masih ada yang bergelombang. Namun hanya sedikit,” terangnya.

Selain itu, kondisi kesiapan jalur mudik juga didukung adanya pelebaran jalan alternatif yang kini mencapai 7 meter. Meski begitu, dirinya juga tak menampik masih ada jalur alternatif yang masih memiliki lebar 4 meter.

“Sebagian besar, jalur alternatif yang akan digunakan untuk mudik sudah dilebarkan antara 6 hingga 7 meter. Untuk yang lebar 4 meter masih ada, namun tidak banyak,” pungkasnya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here