Warga Jombang Berkunjung Ke Semarang? Ini 5 Wisata yang Harus Anda Datangi!

5 Wisata di Semarang yang Murah dan Wajib Dikunjungi
5 Wisata di Semarang yang Murah dan Wajib Dikunjungi
  • Whatsapp

KabarJombang.com – Sebelum liburan ke Semarang, masukkan dulu 5 wisata di Semarang paling hits ini ke itinerary kamu. Semarang memiliki banyak destinasi wisata yang seru dan keren. Tidak mungkin mengunjungi semuanya jika hanya sempat liburan sebentar. Walaupun cuma bisa berlibur ke Semarang sesaat saja, pastikan kamu datang ke kelima tempat wisata yang murah dan wajib didatangi di bawah ini!

5 Wisata di Semarang yang Murah dan Wajib Dikunjungi

Lawang Sewu
Kalau belum ke Lawang Sewu, rasanya belum ke Semarang. Ya, Lawang Sewu bisa dibilang ikon dari Kota Semarang. Bangunan bergaya arsitektur Belanda kuno ini dulunya merupakan bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada zaman penjajahan Belanda. Disebut Lawang Sewu yang berarti seribu pintu karena memiliki banyak sekali pintu.

Baca Juga

Walaupun fungsinya sebagai kantor administrasi, Lawang Sewu memiliki penjara bawah tanah. Ruang bawah tanah tersebut menjadi tempat penyiksaan dan penjara selama masa penjajahan. Tidak heran Lawang Sewu dikabarkan memiliki suasana mistis, apalagi pada malam hari. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan mengunjungi Lawang Sewu. Lokasi bersejarah ini kini menjadi museum. Banyak juga yang senang berfoto karena desain bangunannya memang indah.

Klenteng Sam Po Kong
Selain Lawang Sewu, mengunjungi Semarang terasa kurang jika kita tidak menyempatkan diri ke Klenteng Sam Po Kong. Klenteng ini dibangun di tempat persinggahan pertama Laksamana Tiongkok bernama Cheng Ho yang beragama Islam.

Saat ini Klenteng Sam Po Kong masih digunakan sebagai tempat berdoa untuk orang-orang Tionghoa. Namun tempat ini dibuka untuk umum. Banyak pengunjung datang untuk berfoto cantik di tengah bangunannya yang memiliki arsitektur gaya Tiongkok. Kamu juga bisa menyewa pakaian khas Tionghoa di loket utama untuk berfoto lho.

Waduk Pendidikan Diponegoro
Berbicara soal Semarang, pastinya teringat Universitas Diponegoro alias Undip. Perguruan tinggi negeri di Semarang ini memang terkenal karena termasuk salah satu PTN terbaik di negara ini. Tapi, tahukah kamu kalau di Undip terdapat sebuah waduk?

Ya, waduk ini lokasinya ada di dalam kampus Undip di Tembalang. Lebih tepatnya tidak jauh dari Stadion Universitas Diponegoro. Waduk ini adalah salah satu dari dua waduk di Kota Semarang, yang satu adalah Waduk Jatibarang.

Waduk Pendidikan Undip yang juga sering disebut Waduk Undip ini dibangun dengan tujuan edukatif. Yaitu sebagai penjaga keseimbangan ekosistem dan pencegah banjir di kawasan kampus, serta menjadi tempat penelitian.

Namun selain untuk pendidikan, Waduk Undip bisa menjadi alternatif tempat rekreasi. Di waduk ini terdapat gardu pandang tempat kamu bisa menikmati pemandangan dan berfoto cantik dengan latar belakang. Udaranya pun sejuk sehingga banyak orang betah bersantai di sini. Entah untuk jogging, memancing, ataupun sekadar duduk santai.

Setya Aji Flower Farm
Ingin berfoto di tengah ladang bunga cantik seperti di luar negeri? Tidak perlu jauh-jauh ke Belanda, kamu juga bisa melakukannya di Semarang lho. Lebih tepatnya di Setya Aji Flower Farm.
Wisata taman bunga ini berada di kaki gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Hanya dengan membayar Rp 10.000,00 saja, kamu sudah bisa melihat berbagai jenis bunga yang ada dan berfoto cantik. Tapi hati-hati saat berfoto ya agar tidak merusak keindahan bunga-bunga yang ada.

Selain berfoto, kamu juga bisa belajar menanam bunga lho di sini. Dan tidak hanya taman bunga saja, namun di Setya Aji Flower Farm kamu juga bisa mengunjungi gardu pandang. Di gardu pandang kamu bisa melihat pemandangan indah dan tentu saja berfoto dengan latar belakang Gunung Ungaran dan Rawa Pening.

New Sabana Rawa Pening
Masih di kawasan Rawa Pening, tempat wisata Semarang lainnya yang sedang hits adalah New Sabana Rawa Pening. Tahukah kamu bahwa tempat wisata baru ini muncul karena air Rawa Pening surut akibat kemarau panjang? Akibatnya, timbul padang rumput yang hijau. Fenomena alam ini cukup langka, konon hanya terjadi 12 tahun sekali.

Pengunjung pun berdatangan ke tempat ini untuk berfoto cantik. Apalagi saat cuaca cerah karena kamu bisa mendapatkan selfie dengan latar belakang tiga gunung sekaligus yaitu Gunung Ungaran, Merbabu, dan Telomoyo. Untuk masuk ke lokasi ini kamu cukup membayar biaya parkir saja yaitu Rp 2.000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Murah meriah kan?

Nah, itulah daftar 5 tempat wisata populer di Semarang yang wajib banget dikunjungi saat liburan. Bagaimana, apakah kamu tertarik liburan ke Semarang setelah membaca daftar di atas, tapi tidak punya uang? Tenang, dengan bermodal aplikasi Traveloka saja, kamu bisa kok berburu tiket pesawat citilink murah di Traveloka maupun maskapai lainnya.

Masih menunggu apa lagi? Segera booking tiket pesawat dan penginapan untuk liburan di Semarang menggunakan Traveloka! Jangan lupa sertakan 5 wisata di Semarang di atas ya di dalam itinerary kamu agar liburanmu semakin seru.

INSTAGRAM

Berita Terkait