Wapres Jusuf Kalla Kagum Pemikiran dan Gagasan Gus Dur

Wapres M Jusuf Kalla saat menghadiri Haul Ke-6 Gus Dur di Ponpes Tebuireng Jombang. Duduk didampingi Gus Sholah dan Mbah Maimoen.
  • Whatsapp

JOMBANG, (kabarjombang.com) – Haul Keenam Mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ditempatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Kabupaten Jombang, dihadiri beberapa tokoh nasional Republik Indonesia, seperti Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla dan juga para Menteri di Kabinet Kerja era Presiden Joko Widodo.

Sebelum datang di Kabupaten Jombang, Wapres Jusuf Kalla sempat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.

Baca Juga

Wapres Jusuf Kalla tiba di Kota Santri sekitar pukul 17.40 WIB, dengan menggunakan Helipad yang landas di Alun-alun Jombang. Wapres langsung menuju Ponpes Tebuireng didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Drs H Saifullah Yusuf beserta Kapolda Jatim dan jajaran TNI.

Dalam sambutannya, M Jusuf Kalla mengungkapkan rasa kagum dan bahagianya terhadap gagasan yang diberikan Gus Dur kepada bangsa. “Saya sangat kagum terhadap sumbangsih gagasan beliau (Gus Dur, Red) kepada bangsa ini. Apalagi di saat negara seperti ini, sangat dibutuhkan sekali pemikiran-pemikiran beliau,” ujarnya, Sabtu (26/12/2015).

Orang nomor dua di republik ini mengungkapkan, bagaimana pemikiran pluralisme yang digagas Gus Dur sewaktu menjadi Presiden RI ke-4. Gagasan itulah yang bisa menyatukan bangsa dari berbagai suku dan juga perbedaan yang ada.

“Mungkin, tidak ada generasi terbaik di dunia ini, selain generasi yang dilahirkan Pondok Pesantren Tebuireng seperti Kyai Hasyim Ashari, Kyai Wahid Hasyim dan juga KH Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Dus Dur. Ini sungguh generasi terbaik yang pernah ada,” bebernya.

Sementara KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, Pengasuh Ponpes Tebuireng, dalam sambutannya, menyayangkan bagaimana generasi penerus NU (Nahdatul Ulama) yang sekarang melupakan pesan yang diajarkan Kyai Hasyim Asy’ari.

“Mbah Hasyim pernah berpesan, agar kita menjaga keutuhan NU. Namun sekarang tokoh-tokoh NU justru memanfaatkan NU, bukan memberi manfaat pada NU,” kata adik kandung Gus Dur ini.

Selepas memberikan sambutanya, Wakil Presiden M Jusuf Kalla langsung meninggalkan Ponpes Tebuireng bersama rombongan menuju Bandara Juanda Surabaya, dengan pengawalan ketat Paspampres yang mengawal dalam kunjungan kerja Wakil Presiden di Kabupaten Jombang. (ari)

INSTAGRAM

Berita Terkait