Tularkan Ilmu, IJTI Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk Pelajar

Kegiatan Pondok Jurnalistik Televisi yang dilaksanakan IJTI Korda Majapahit untuk pelajar di Jombang. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Meningkatkan profesionalisme sebagai pekerja jurnalistik, Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Koorda Majapahit, menggelar pelatihan jurnalistik kepada pelajar di Kabupaten Jombang, Jumat (02/6/2017).

Dalam pelatihan itu, pelajar akan diberikan tentang ilmu-ilmu jurnalistik televisi dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Selain pengenalan terhadap penggunaan kamera video, para pelajar juga akan diberikan teknik pengambilan gambar berita yang selama ini dikerjakan pekerja wartawan televisi.

“Dalam event bertema Pondok Jurnalistik Televisi ini, kita akan memberikan ilmu-ilmu tentang jurnalistik televisi. Dimana, tidak semua wartawan bisa melakukan perkerjaan sebagai wartawan televisi,” kata Muktar Bagus, Ketua IJTI Korda Majapahit.

Tak hanya itu, kode etik serta kaidah sebagai pekerja jurnalistik juga akan disampaikan kepada puluhan pelajar yang mengikuti pondok yang digelar di SMK Investama yang berlokasi di Jalan Airlangga Desa Jelakombo Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Menurut Muktar, Event ini adalah bagian dari kegiatan sosial yang dilakukan IJTI kepada pelajar di Kota Santri. Sebab, minimnya pengetahuan pelajar maupun masyarakat tentang kinerja wartawan dalam menjalankan tugasnya, menjadi problem tersendiri bagi IJTI Korda Mojopahit.

“Tentu, ini adalah tugas kita untuk bisa membuat masyarakat paham dan mengerti tentang tugas pokok wartawan. Dimana jika itu diketahui mereka, maka ini akan menjadi kemudahan wartawan dalam menjalankan profesionalnya dalam bekerja,” terang Muktar.

Dalam tiga hari kedepan, lanjut Muktar, mereka akan diberikan materi tentang teknik pengambilan gambar, serta pembuatan naskah wartawan televisi. Setelah itu, mereka akan diminta untuk terjun langsung mencari berita sebagai pekerja jurnalis televisi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan IJTI yang ketiga, selama IJTI terbentuk beberapa bulan lalu. Semoga, banyaknya kegiatan sosial yang kita lakukan, memberikan manfaat tersendiri bagi masyarakat pada umumnya,” pungkasnya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here