Tukang Becak dan Janda Terima Paket Sembako dari Lapas Kelas IIB Jombang

Pembagian Paket Sembako di Lapas Kelas IIB Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Tukang becak di area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang, ketiban rezeki. Mereka mendapat paket sembako dari Lapas setempat. Hanya saja, tukang becak yang dapat rezeki jelang bulan Ramadan ini khusus becak kayuh, Sedangkan becak motor (bentor) tidak dapat.

Sholihan (37) penerima paket sembako mengatakan, sebelum paket sembako dibagi pihak Lapas, dirinya diminta lebih dulu mengambil kupon. Setelah kupon didapat, dia menunggu dipanggil secara bergilir. “Tadi setelah mendapat kupon, dipanggil satu-satu untuk menerima bantuan sembako,” katanya.

Baca Juga

Dirinya mengaku senang dengan bantuan yang diterimanya. Dia mengaku, sebulan terakhir ini pendapatannya dari mengayuh becak, menurun drastis. “Alhamdulillah, bisa meringankan beban kami. Untuk kebutuhan sehari hari. Selama virus Corona, sepi penumpang,” kata Sholihan kepada KabarJombang.com, Selasa (21/4/2020).

Sementara Kepala Lapas, Slamet Budiono mengatakan, sebanyak 50 paket sembako dibagikan kepada warga terdampak langsung Covid-19. Berisi beras 5 kilogram, mi instan 10 biji, minyak goreng, sabun mandi, sabun cuci, dan nasi bungkus.

Tidak hanya di Lapas Jombang, kegiatan tersebut merupakan program Kementrian Wilayah Jawa Timur, yang dilakukan serentak seluruh Lapas di Jawa Timur.

Dikatakannya, teknis pembagian paket sembako, para penerima harus mengantri dengan jarak satu meter, menghindari kerumunan massa sesuai protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Pembagian paket sembako dibagi menjadi dua sesi, dan berbeda program. Program pertama (hari ini) programnya Kanwil, dan yang kedua merupakan hari kemasyarakatan,” kata Slamet Budiono.

Sasarannya, katanya, dibagikan kepada masyarakat terdampak langsung Covid-19, seperti tukang becak kayuh yang mangkal di area Lapas, janda dan warga tak mampu sekitar Lapas Kelas IIB Jombang.

Disinggung anggaran, pihaknya menjawab, bersumber dari kepedulian pegawai Lapas Kelas IIB Jombang yang dikumpulkan.

“Kita membeli paket sembako sejumlah 50 paket dari biaya swadaya sejumlah anggaran Rp 4.500.000,” pungkasnya.

Tonton juga Videonya :

 

INSTAGRAM

Berita Terkait