oleh

Tujuh Rumah di Ploso Ludes Dilalap si Jago Merah

PLOSO, (kabarjombang.com) – Tujuh rumah di Dusun Kalikijing RT 002 RW 004, Desa Kedungdowo, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, ludes dilalap si jago merah, Sabtu (24/10/2015) sore. Dua rumah diantaranya milik Supardi. Sedangkan lima rumah lainnya, masing-masing milik Sukadi, Sarminah, Mardhun, Sumber, Djumain.

Berdasarkan informasi di lokasi kejadian, kebakaran yang melalap 7 rumah itu, diduga disebabkan korsleting (hubungan arus pendek) listrik yang berawal dari rumah Sukadi. Api cepat membesar dan menyambar rumah tetangga akibat terpaan angin kencang.

Warga yang mengetahui kebakaran sekitar jam 15.20 WIB, langsung membantu Sukadi berusaha menjinakkan api dengan peralatan seadanya. Sayangnya, usaha warga tidak membuahkan hasil. Disamping itu, warga lainnya juga melapor ke perangkat desa Kedungdowo dan dilanjutkan Muspika setempat.

Selang beberapa saat, petugas PLN Ploso tiba untuk memutus hubungan arus listrik yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Sekitar jam 16.20 WIB, dua unit mobil Pasukan Mencegah Kebakaran (PMK) Kabupaten Jombang tiba. Api baru bisa dipadamkan sekitar jam 18.00 WIB setelah menghabiskan lima tangki air. Dua diantaranya tangki di mobil PMK dan tiga tangki yang diambil dari sungai saluran sekunder avur Jatimlerek.

Peristiwa kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa. Tapi kerugian yang dialami diperkirakan mencapai Rp 510 juta. Kepala desa melalui Camat Ploso, telah membuat laporan resmi kepada Bupati Jombang melalui Disnakertransos dan BPBD Kabupaten Jombang untuk mendapatkan bantuan. (bp/rief)

Berita Lainnya