Travel & Kuliner

Resep Ayam Panggang Taoco, Menu Sajian Makan Malam

JOMBANG, KabarJombang.com – Ada beragam jenis resep ayam panggang yang tersedia, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Kita juga memiliki kebebasan untuk berkreasi dengan resep ayam panggang. Mulai dari ayam bakar , hingga ayam panggang taoco bisa kita buat sendiri di rumah.

Taoco merupakan bumbu fermentasi kedelai yang terkenal di beberapa wilayah Indonesia. Memiliki paduan rasa manis dan asam, taoco bisa dipadukan dengan berbagai masakan, tak terkecuali ayam panggang.

Biasanya, setiap daerah memiliki ciri khas rasa dan bau taoco. Misalnya taoco khas Cianjur berbeda dengan taoco khas Riau.

Agar rasa lebih enak, pastikan untuk memilih taoco yang berkualitas. Biasanya, taoco yang masih segar memiliki warna cokelat kemerahan. Wanginya pun khas.

Perhatikan juga tanggal kadaluarsanya ketika membeli. Simpan taoco dalam wadah kedap udara untuk menjaga kualitasnya. Sebenarnya taoco cukup tahan lama disimpan meski botolnya sudah dibuka, tapi sebaiknya disimpan di lemari pendingin.

Menu ini cocok disajikan baik saat makan siang maupun malam. Agar lebih mantap, hidangkan dengan nasi hangat dan cah kangkung. Momen makan malam pun jadi lebih menyenangkan.

Bahan

2  Porsi

Bahan

1 ekor ayam

Bahan perendam

3 siung bawang putih, haluskan

3 butir bawang merah

1 cm jahe

4 sdm taoco

2 buah cabai merah besar

4 Sdm kecap manis

1 Royco kaldu ayam  

½ sdt merica putih bubuk

Saus

2 siung bawang putih

4 sdm taoco

300 ml air

1 Sdm kecap manis

½ sdt merica putih bubuk

1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air

2  sdm minyak, untuk menumis

Pelengkap

tomat, iris

daun bawang, potong korek api

daun selada

Cara membuatnya

1 Aduk rata semua bahan bumbu perendam. Lumuri daging ayam dengan bumbu hingga merata. Diamkan dalam kulkas selama 2 jam.

2  Panaskan oven dengan suhu 180 C.

3 Masukkan daging ayam ke dalam pinggan tahan panas atau loyang yang sudah diolesi minyak. Panggang selama 30 menit. Keluarkan. Sisihkan.

4 Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan sisa semua bahan termasukkecap manis. Masak sambil diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat.

5 Panaskan wajan grill yang sudah diolesi minyak, panggang ayam dengan bagian kulit menghadap ke wajan. Masak bagian kulit agak garing sambil diolesi bumbu ke seluruh permukaannya. Angkat.

6 Sajikan dengan saus taoco.

Selamat mencoba dan menikmati hasil olahan anda!

Leave a Comment
Share
Published by
Ayu Tifani