Menikmati Nasi Bali Tersenyum di Jombang, Empuknya Olahan Daging Manjakan Lidah

Kedai nasi bali tersenyum di di jalan RE Martadinata. KabarJombang.com/Diana Kusuma/
Kedai nasi bali tersenyum di di jalan RE Martadinata. KabarJombang.com/Diana Kusuma/
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Siapa yang tidak kenal dengan nasi bali. Sesuai namanya kuliner ini merupakan campuran nasi dengan berbagai macam lauk pauk yang dibumbui dengan bumbu merah.

Untuk menambah nikmat melahap nasi bali ini Anda bisa mencampur semua lauk pauknya sekaligus, atau bisa juga dengan menikmatinya dengan memakan lauk pauknya satu persatu.

Baca Juga

Beberapa tempat nasi bali yang cukup populer di Kabupaten Jombang, yakni nasi bali tersenyum di jalan RE Martadinata yang berdiri sejak tahun 1964.

“Awal dulu yang jualan Ibu sekitar tahun 1964 itu, dengan menu yang sama, dan sekarang yang melanjutkan saya,” kata Eny, penerus kedai nasi bali tersenyum kepada KabarJombang.com, Sabtu (6/3/2021).

Entah mengapa dinamakan tersenyum, apa karena penjualnya tak berhenti tersenyum atau para pelanggannya yang tersenyum ketika melahap nasi bali terseyum.

Memang, rasa olahan daging nasi bali terseyum begitu memanjakan lidah, yang begitu manis dan pas, daging dengan bumbunya pun mantab, maka tidak heran jika nasi bali tersenyum dinobatkan sebagai salah satu makanan paling enak di Jombang.

Kedia nasi bali tersenyum tersebut buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB. Jangan coba-coba datang agak siang di kedia ini, karena biasanya habis.

Eny menuturkan, dengan resep bumbu bali yang turun temurun menjadikan kuliner nasi bali tersenyum, miliknya hingga sekarang masih mempunyai pelanggan tetap dan tak pernah sepi.

“Alhamdulillah untuk resep yang dari ibu dulu masih digunakan dan masih menjadi favorit pembeli dan juga langganan tetap,” tandas dia.

Selain resep yang masih terjaga, empuknya daging sapi menjadikan nasi bali tersenyum destinasi kuliner yang tidak bisa dihindari saat Anda berkunjung ke Kabupaten Jombang.

Empuknya daging sapi diakui pelanggan nasi bali tersenyum, Yayuk.

Kedai nasi bali tersenyum di di jalan RE Martadinata. KabarJombang.com/Diana Kusuma/
Kedai nasi bali tersenyum di di jalan RE Martadinata. KabarJombang.com/Diana Kusuma/

“Bumbu balinya itu enak dan sedap soalnya di tempat lain gak seenak disini. Ditambah dagingnya itu empuk banget, ini yang bikin saya dari dulu datang kesini beli,” kata warga Kaliwungu ini.

Karena rasanya yang tidak diragukan lagi, wajar sepiring nasi bali tersenyum dibanderol lebih mahal dibandingkan nasi bali lainnya, yakni sebesar Rp 18 ribu per porsi.

Tak perlu khawatir jika Anda ingin membeli dagingnya saja tanpa nasi, juga diperbolehkan dengan harga Rp 25 ribu seporsi yang sangat banyak. Harga tersebut sangat ‘worth it’ dengan sajian yang pas dengan daging yang empuk dengan porsi yang sangat banyak.

Dulu kedai nasi bali tersenyum ini ada di jalan veteran di depan Toko Dewa Mas. Kemudian, sepeninggal istrinya, kedai pindah di depan Indomaret embong miring Jalan Veteran yang dijalankan suaminya dan putrinya berjualan di deretan warung depan dekat Toko Buku Sarjana.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait