Top Markotop, Sop Buntut Mojowarno Jombang Bikin Ketagihan

Sop Buntut di Depot Nikmat, Desa Mojojejer, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Minggu (30/8/2020). (Foto: Anggraini)
  • Whatsapp

MOJOWARNO, KabarJombang.com – Dikenal sebagai kota santri, Kabupaten Jombang juga tak sepi dari kuliner. Meski tak sebanding di kota besar, namun ragam kuliner begitu gampang ditemui, mulai menu tradisional, makanan khas luar kota hingga yang siap saji.

Salah satu sajian kuliner yang cocok memanjakan lidah, yakni Sop Buntut. Di Jombang, salah satu paling dikenal ada di Desa Mojojejer, Kecamatan Mojowarno. Warungnya, berlokasi di pinggir jalan Mojowarno – Mojoagung, dan di samping kanan kiri serta belakang terdapat hamparan sawah. Namanya, Depot Nikmat.

Baca Juga

Di depot yang buka saban hari mulai pukul 07.30 hingga 19.00 WIB ini, pengunjung bisa berlama-lama di sini. Selain udaranya sejuk, mata dimanjakan pesona hijau tumbuhan, dan kuliner andalannya ini, top markotop. Untuk harganya, per porsi sop buntut dihargai Rp 50 ribu.

“Depot ini tidak membuka cabang di manapun. Hannya ada di Mojowarno, di sini saja,” kata Runti, pramusaji depot nikmat, Minggu (30/8/2020).

Dikatakan Runti, banyak orang yang bilang, rasa sop buntut di depot tempatnya bekerja, tak seperti yang tersedia di sejumlah warung di Jombang. Dan memang, kata dia, menu sop buntut-lah yang paling laris di antara beragam menu yang tersedia.

“Katanya sih rempahnya berasa, dagingnya empuk. Ya sebelum Corona, di sini ramai pengunjung. Bahkan, pengunjung dari luar Jombang juga banyak. Seperti Mojokerto, Nganjuk, Blitar, Surabaya, Kediri,” sambungnya

Dibanding saat Covid-19 melanda, Runti mengatakan, jumlah pungunjung menurun drastis. Namun, dirinya bersyukur, 6 karyawan di depot ini termasuk dirinya, tidak satu pun yang dirumahkan.

“Kalau waktu Corona ini, mengalami penurunan drastis. Misalnya kita sehari dapat Rp 50 ribu, saat Corona melanda hanya dapat Rp 10 ribu,” beber dia mengistilahkan. Runti mengaku, kurang memahami kalau diminta menjawab prosentase.

Salah satu pengunjung, Wiwik mengaku sudah menjadi langganan makan Sop Buntut di depot ini, cukup lama. Biasanya, kata dia, datang saat hari libur bersama keluarga.

“Saya sering ke sini satu keluarga. Soalnya rasa sop buntut di sini beda sama lainnya. Dagingnya empuk, kuahnya juga segar,” kata Wiwik, pengunjung wilayah Jombang Kota, seraya mengacungkan dua jempol tangannya.

Senada dikatakan Pras. Menu sop buntuk Depot Nikmat, diakuinya menjadi makanan favoritnya. “Enak dan segar. Apalagi kalau dimakan siang hari. Sangat cocok,” pungkasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait