Terkait Pengendapan Dana Desa, Kepala Divisi Bisnis Bank Jombang Angkat Bicara

Usman, Kepala Devisi Bisnis PT BPR Bank Jombang Perseroda
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Kepala Devisi Bisnis PT BPR Bank Jombang Perseroda, Usman angkat bicara mengenai polemik keterlambatan pencairan Dana Desa (DD) tahap tiga yang berbuntut isu pengendapan. Ia menjelaskan, Bank Jombang dalam hal ini hanya bertindak sebagai penyalur DD dari pusat untuk dikirimkan ke rekening desa.

“Bank Jombang itu ibarat kasir, jadi bila ada dana masuk ke rekening nasabah dan ada permintaan penarikan oleh nasabah makan akan kita proses,” ungkap Usman kepada KabarJombang.com (Kelompok Faktual Media), Rabu (22/01/2020).

Baca Juga

Ia melanjutkan, Dana Desa yang masuk ke Bank Jombang langsung dikirimkan ke rekening desa masing-masing di hari yang sama.

Usman menepis anggapan adanya pengendapan Dana Desa di Bank Jombang, tapi semata-mata karena adanya keterlambatan transfer dari pusat ke daerah. Menurutnya, keterlambatan pencairan DD  bukan hanya terjadi di wilayah Jombang, tapi juga hampir di seluruh Indonesia. Hal tersebut dikarenakan proses pencairan dari pusat ke daerah terlambat yang terbentur dengan jadwal cuti bersama akhir tahun. “Jadi semua itu semata-mata karena masalah teknis,” tandasnya.

Lebih jauh diungkapkan, sebagai bentuk tanggungjawab Bank Jombang dan layanan prima kepada para nasabah di desa, Bank Jombang pada hari itu juga menyediakan uang tunai guna berjaga-jaga bilamana banyak kepala desa mencairkan dana tersebut. Sedikitnya, Bank Jombang menyiapkan uang tunai sebesar Rp 35 miliar meskipun saat itu hari libur menjelang pergantian tahun. Namun wewenang pencairan tetap dikembalikan kepada pemilik rekening Dana Desa.

Diungkapkan, jumlah Dana Desa tahap ketiga tersebut sebanyak 109 miliar, dari total tersebut hanya sekitar 27 miliyar masih di rekening desa di Bank Jombang. “Jadi, bukan kita yang tidak mau mencairkan, tapi karena desa penerima anggaran DD itu yang tidak mencairkan. Padahal, dananya sudah kita siapkan semuanya. Bahkan kita tawarkan, Bank Jombang bersedia mengantarkan langsung ke desa-desa,” tegasnya.

Ia menerangkan, Bank Jombang saat ini memiliki cabang di setiap kecamatan di Jombang, sehingga sangat mudah bagi pemilik rekening Dana Desa untuk mencairkan dana tersebut melalui Bank Jombang.

INSTAGRAM

Berita Terkait