Tanpa Bantuan Pemkab, Warga Dempok Sidomulyo Semprot Disinfektan Cegah Corona

Kegiatan penyemprotan disinfektan secara swadaya di Dusun Dempok, Desa Sidomulyo, Kecamtan Megaluh, Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG.Kabarjombang.com – Mengurangi kepanikan terhadap mewabahnya virus Corona (Covid-19), warga Dusun Dempok, Desa Sidomulyo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, berinisiatif melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara swadaya, Rabu (25/3/2020).

Penyemprotan cairan membunuh virus ini dimulai sedari pukul 10.00 WIB hingga selesai, dengan sasaran seluruh rumah warga Dusun Dempok, tempat ibadah, serta kandang ayam dan area publik lain di dusun tersebut.

Baca Juga

Dipimpin langsung Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Sunyoto, penyemprotan dilakukan mulai dari Masjid Al-Ikhlas Dusun Dempok, dilanjutkan ke rumah-rumah warga. Selain seluruh elemen masyarakat, kegiatan ini dibantu personel Babinsa Koramil, Polsek Megaluh, serta BPD Sidomulyo.

“Ada sekitar 10 liter disinfektan yang kita semprotkan ke masjid, rumah warga dan fasilitas umum lain. Kegiatan penyemprotan ini akan kita lakukan secara berkelanjutan, jeda 3 hari dilanjutkan sampai 6 hari kedepan,” kata Sunyoto.

Penyemprotan dilakukan, lanjut Sunyoto, sebagai salah satu upaya mengeliminasi Covid-19, dengan harapan virus tersebut tidak sampai masuk di wilayah desa setempat. Sebelumnya, tuturnya, warga setempat cemas terhadap virus dari Wuhan, China ini.

“Dari situlah, muncul inisiatif dari remaja masjid dan Karang Taruna untuk melakukan penyemprotan disinfentan. Dan kegiatan ini murni swadaya masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, swadaya dilakukan karena Pemdes belum ada pengalokasian dalam APBDes, karena bencana ini bersifat darurat. “Ke depan, kami berharap Pemdes bisa menganggarkan dana penanggulangan bencana alam, termasuk bencana seperti ini yang mewabah di seluruh dunia ini,” harap kades Sunyoto

Sementara Mutholifah, warga setempat mengaku sangat terbantu dengan adanya penyemprotan disinfetkan ini. Dikatakannya, kegiatan tersebut minimal bisa mengurangi kekhawatiran warga atas deraan virus Corona.

“Terima kasih kepada bapak kepala desa, remaja masjid dan karang Taruna. Saya berharap penyemprotan ini dilakukan terus-menerus sampai virus Corona ini sirna dari Indonesia. Agar desa kami terhindar dari wabah Corona,” tutur Mutholifah.

INSTAGRAM

Berita Terkait