Tangkal Corona, Warga Brambang Diwek, Syukuran HUT Kemerdekaan dan 1 Muharram Bersamaan

Acara  syukuran 1 Muharram di Desa Brambang Kecamatan Diwek.  (Foto : DianaKN) 
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com – Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seperti halnya yang dilakukan warga Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Untuk menangkal penyebaran virus corona, warga Desa Brambang ini harus meringkas tiga agenda dalam satu acara. Kamis (20/8/2020) harin ini, warga Desa Brambang, menggelar acara syukuran untuk tiga agenda.

Baca Juga

Adalah syukuran perayaan tahun baru 1 Muharram 1442 H dan tasyakuran dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke 75. Termasuk juga syukuran sedekah desa.

Kepala Desa Brambang, Nurochmah mengatakan, alasan dengan digabungnya beberapa agenda dalam satu acara syukuran tersebut adalah demi untuk mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Menurutnya, karena dalam masa pandemi, sehingga harus membatasi kegiatan yang harus mematuhi protokol kesehatan.

“Akhirnya kami buat seperti ini, dengan tidak menghilangkan kekhidmatan tujuan acara yang kami lakukan,”tutur Nurochmah pada KabarJombang.com Kamis (20/8/2020).

Ditambahkan, acara dimabil tepat pada 1 Muharram atau 1 Suro ini, pihaknya ingin mengajak masyarakat Brambang berdoa bersama agar selalu diberikan perlindungan Allah SWT.

“Sehingga yang kita kerjakan diberikan kelancaran,” sambungnya.

Dalam acara tersebut juga mengundang Gus Rian (Rian Adji Prasetya) untuk memberikan tausiyah. Gus Rian adalah penceramah yang sempat viral, yang sekarang masih duduk di bangku kelas 12 MAN di Jombang.

Menurut Gus Rian, sedekah desa adalah budayanya orang Jawa yang patut dilestarikan. Sementara sedekah itu baik dan sangat diaanjurkan dalam agama, panjatkan doa pada Allah SWT untuk perlindungan diri kita.

“Dengan memperingati 1 Muharram mari kita mulai dengan hal-hal yang positif, “ujar Gus Rian dalam tausiyahnya.

 

 

INSTAGRAM

[iscwp-slider username="kabarjombangdotcom" dots="false" limit="5" popup="true" popup_gallery="false" show_likes_count="false" instagram_link_text="Ikuti Instagram"]

Berita Terkait