Sungai Konto di Barongsawahan Jombang Dipenuhi Tumpukan Bongkahan Kayu

Tumpukan bongkahan kayu dan sampah memenuhi jembatan sungai kali Konto Barongsawahan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Kamis (7/1/2021).
Tumpukan bongkahan kayu dan sampah memenuhi jembatan sungai kali Konto Barongsawahan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Kamis (7/1/2021). (Foto: Daniel Eko)
  • Whatsapp

BANDARKEDUNGMULYO, KabarJombang.com – Tumpukan bongkahan kayu dan sampah memenuhi jembatan sungai kali Konto Dusun/Desa Barongsawahan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Kamis (7/1/2021).

Menurut Kepala Dusun Barongsawahan, Agung, kiriman sampah dan kayu jenis sengon diperkirakan berasal dari Ngantang yang terbawa arus air karena hujan deras yang terjadi pada Rabu, 6 Januari 2021 sore hingga malam.

Baca Juga

“Sampah dan kayu ini dari sungai di Ngantang terbawa arus, karena hujan deras kemarin. Sungai Konto kan pembuangan air lebihan, akhirnya kayu dari sana menumpuk disini,” jelasnya.

Ia menuturkan bongkahan kayu dan sampah tersebut menumpuk di sungai kali Konto di Barongsawahan karena jembatan dibangu terlalu rendah, mengakibatkan sampah tersangkut.

“Karena banyaknya sampah kayu yang menyangkut, air sungai meluap keatas jembatan,” tutur pria 39 tahun ini.

“Ini arusnya deras karena hujan tadi malam, jembatannya juga terlalu rendah dan lubangnya kecil juga akhirnya menumpuk. Jembatan semua seperti ini proyeknya brantas, di Ngantang juga bentuk jembatannya begini,” kata Agus menambahkan.

Pihaknya akan mendatangkan alat berat untuk membersihkan tumpukan kayu dan sampah yang menyangkut di jembatan sungai tersebut. Supaya air tidak meluap ke areal persawahan.

“Dulu juga pernah seperti ini. Mengalir deras dan airnya kotor seperti ini, tapi dulu belum ada jembatan,” pungkas dia.

INSTAGRAM

Berita Terkait