Status Nonaktif, Undar Mewisuda 721 Mahasiswa

Peserta wisuda di Universitas Darul Ulum, Jombang, Jawa Timur.
  • Whatsapp

JOMBANG, (kabarjombang.com) – Meski menjadi salah satu dari 243 perguruan tinggi yang sempat dinonaktifkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur, tetap menggelar wisuda, Minggu (11/12/2015).

Undar mewisuda sebanyak 701 mahasiswa. Terdiri dari delapan fakultas kejuruan serta satu fakultas program pascasarjana. Namun, wisudawan mengaku bimbang lantaran status nonaktif yang melekat di almamaternya.

Baca Juga

Abdul Azis, Salah satu wisudawan mengaku, dirinya bimbang terkait status legalitas ijazah yang nanti akan diterbitkan universitas.

“Namun kita juga diyakinkan bahwa nanti ijazah yang dikeluarkan oleh pihak kampus adalah legal,” ujarnya usai wisuda.

Wisudawan dari Fakultas Pendidikan Agama Islam ini, menyebut tiga peraoalan yang dialami kampus Undar sehingga status nonaktif sudah teratasi dan sudah diselesaikan oleh pihak universitas.

“Pihak universitas mengatakan demikian, persoalan sengketa, ijazah palsu dan rasio dosen sudah diurus dan diselesaikan,” katanya.

Sementara itu, Rektor Undar, Mujib Mustain mengklaim wisuda yang digelar pada Minggu, 11 Oktober, kemarin telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Pihaknya, mengaku telah mendapat persetujuan dari instansi terkait untuk melangsungkan wisuda.

“Kami sudah laporan ke kopertis wilayah VII Surabaya dan mendapatkan izin untuk melaksanakan wisuda ini. Jadi, tidak ada masalah,” ujar Gus Mudjib, begitu Rektor Undar ini biasa disapa, usai kegiatan wisuda.

Gus Mujib mengatakan, status penonaktifan Undar hanya berlangsung sementara dan tinggal menunggu waktu untuk berubah menjadi aktif.

“Wisudawan juga dapat menggunakan ijazah sebagaimana mestinya, kerena ijazah yang kami keluarkan adalah legal,” tandas Gus Mujib.

Mantan Kapolri, Jenderal Polisi (Purn) Sutanto turut hadir dalam prosesi wisuda tersebut sebagai tamu undangan dan memberikan kuliah umum. (*/karjo)

INSTAGRAM

Berita Terkait