Sosial Budaya

Eskavasi Situs Watu Kucur Jombang, BPCB Jatim Temukan Trap Tangga

MOJOAGUNG, KabarJombang.com – Dugaan bangunan tempat suci di situs Watu Kucur, Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang semakin kuat dengan ditemukannya indikasi adanya trap tangga oleh tim eskavasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Arkeolog BPCB Jatim, Muhammad Ikhwan mengatakan jika bangunan di situs Watu Kucur Jombang diduga bangunan suci di masa Hindu Buddha. Karena saat eskavasi ini ditemukan indikasi adanya trap tangga.

“Yang menarik pada eskavasi di situs Watu Kucur hari ini, telah ditemukannya indikasi trap tangga. Jadi dengan ditemukannya trap tangga itu memperkuat jika bangunan ini dulunya memang menjadi bangunan suci di masa Hindu Budha. Akan tetapi ini masih dugaan ya, karena masih belum tampak detail,” ujarnya kepada KabarJombang.com, Jumat (15/10/2021).

Penemuan trap tangga tersebut, Ikhwan menerangkan jika ditemukan di bagian arah barat dari tempat eskavasi setempat. Struktur itu ditemukan, katanya memanjangkan ke arah timur dengan ketebalan 50 cm.

“Trap tangga itu ditemukan berada di sisi barat. Karena sementara ini tampak ada struktur yang memanjang ke arah timur dengan ketebalan 50 cm. Untuk panjang yang terlihat sekitar 2,40 meter,” jelasnya.

Sementara untuk fungsi dan kegunaan dari trap tangga yang ditemukan itu, dirinya menjelaskan bahwa berfungsi orang-orang di zaman dahulu di tempat itu untuk naik ke bangunan bagian atas setempat. Selain itu dengan adanya trap tangga itu, menurutnya juga sebagai pedoman orientasi arah hadap bangunan suci.

“Kalau tangga ya biasa seperti bagaimana kegunaannya untuk naik. Selain itu trap tangga ini juga untuk pedoman orientasi arah hadap bangunan ini. Dimana juga adanya bangunan suci di Jawa timur sebagian besar menghadap ke Barat,” tutur Ikhwan.

Kendati struktur dari situs Watukucur sudah mulai ditampakkan, Ikhwan mengatakan akan berusaha untuk menampakkan dan menggambarkan dengan jelas dari lahan situs Watukucur yang dieskavasi sejak 7-16 Oktober besok.

“Tetap targetnya akan kami tampilkan semaksimal mungkin dari denah hingga hasil waktu Eskavasi situs Watukucur ini nanti berakhir. Akan kami jelaskan dengan detailnya melalui medsos kami di YouTube BPCB Jatim,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya bahwa, Eskavasi yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa timur di situs Watukucur Jombang, tempatnya diduga tempat suci di masa Hindu Budha.

Pamong Ahli Budaya BPCB Jawa Timur, Andi Muhammad Said mengatakan bahwa situs Watukucur di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Jombang merupakan tempat suci di masa Hindu Buddha. Karena menurutnya telah ditemukan yoni saat dimulainya eskavasi.

Leave a Comment
Share
Published by
Muhammad Faiz