Soal Wisata ke Probolinggo, TKSK di Jombang Berdalih Inisiatif Sendiri dan Agenda Rutin

Kendaraan bus mini atau Elf yang di depannya terdapat banner bertulis: "Wisata TKSK & Pendamping Bansos Dinas Sosial Kab. Jombang di Pulau Gili Ketapang Probolinggo".
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Terkait adanya kabar Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pendamping Bansos (bantuan sosial) serta perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang, menggelar wisata selama dua hari ke pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, akhirnya ditanggapi Samsudin, salah satu TKSK Kecamatan Ngoro, Jombang.

Dia berdalih, wisata tersebut merupakan agenda rutin dan atas inisiatif sendiri. Selain itu, biaya untuk menggelar wisata ke pulau Guli Ketapang, dikumpulkan secara swadaya anggota. Bahkan, kata Samsudin, rencana awal tujuan wisata tersebut adalah pulau Bali.

Baca Juga

“Itu agenda rutin tiap tahun, untuk refresh. Dan itu biaya swadaya kami sendiri dari iuran kas dan koperasi kita. Rencana awal kita ke Bali, karena masih kondisi Covid-19 kita ganti tujuannya,” tutur Samsudi pada KabarJombang.com, Rabu (30/9/2020)

Soal peserta wisata, Samsudin mengaku diikuti total 24 orang. 19 di antaranya TKSK dan 5 pendamping Bansos. Sedangkan sisanya, sesuai rancangan yakni sebanyak 35 peserta, kata dia, tidak ada yang ikut.

“Hanya total 24 orang. Dari TKSK dan pendamping Bansos. Tidak ada yang ikut lagi. Termasuk dari Dinsos Jombang maupun dari Korwil, tidak ada yang ikut dengan rencana wisata kita,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang Moch Saleh, juga menampik jika dinas yang dikepalainya mengikuti wisata tersebut. Ia mengatakan, kegiatan wisata tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan Dinsos.

“Untuk kegiatan itu, Dinsos mboten pirso. Karena memang kegiatan itu adalah inisiatif dari mereka sendiri. Dari Dinsos nggak ada yang ikut kegiatan itu. Meski beredar list jika Dinsos tercantum, tapi dari kami tidak ada yang ikut,” papar Moch Saleh.

Lantaran diakuinya tidak ada hubungannya dengan Dinsos, Moch Saleh berharap hal tersebut tidak dipersoalkan. Lagi-lagi, ia mengatakan, agenda wisata tersebut diinisiasi sendiri oleh anggota TKSK dan pendamping Bansos sendiri.

“Memang kegiatan itu inisiatif mereka sendiri dengan biaya mereka sendiri. Mengapa harus dipersoalkan,” tutupnya.

Baca Sebelumnya: Tersiar Kabar, TKSK dan Pendamping Bansos Dinsos Jombang Berwisata ke Probolinggo

INSTAGRAM

Berita Terkait