by

Si Jago Merah Lalap Hutan Gunung Kabuh, Asap Mengepul Ganggu Pengendara

KABARJOMBANG.COM – Kebakaran hutan terjadi di Desa Sukodadi, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (16/7/2018). Akibatnya, 2 hektar tanaman liar dan pohon di hutan tersebut, ludes dilalap api. Beruntung, tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Menurut Petugas Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mojokerto, Herlin (45) mengatakan, sedikitnya ada dua titik yang terjadi kebakaran di hutan yang berada di Kecamatan Kabuh. Titik awal, terjadi di Petak 51A. Sementara titik kedua di 52A.

Diduga, kebakaran yang terjadi di wilayah hukumnya terjadi akibat ulah tangan jahil. Pasalnya, ia menilai, meski cuaca panas dan banyak pohon dan daun yang kering, tanpa adanya sulutan api, hutan tidak akan terbakar.

“Kita menduga ini ada orang yang sengaja membakar hutan. Sebab, jika tidak disulut api, saya yakin ini tidak akan terjadi,” terang Herlin saat ditemui di lokasi.

Dari informasi yang diberikannya, kebakaran terjadi sejak dua hari lalu. Tak hanya di wilayah Kabupaten Jombang, kebakaran diperkirakan merembet hingga hutan kabupaten tetangga yang berada di KPH Kambangan Lamongan.

“Memang kebakarannya meluas. Sebab, adanya angin kencang yang terus meniup api, membuat api terus membakar ranting dan daun yang kering,” katanya.

Meski begitu, untuk memadamkan api, pihaknya mengunakan alat sederhana. “Kalau ada kebakaran pasti segera kita padamkan. Sebab, jika dibiarkan, akan meluas dan asapnya bisa mengganggu pengguna jalan yang melintas di jalan perbatasan Lamongan – Jombang,” pungkasnya. (ari/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya